Hal itu disebabkan ketakutan dilabeli 'lebay' alias berlebihan. Padahal pemakaian perhiasaan tidak akan terlihat berlebihan kalau disesuaikan jenisnya dengan acara yang akan dihadiri. Berikut beberapa tipsnya:

1. Aksesoris ke Acara Pesta

1. Aksesoris ke Acara Pesta
source: https://www.voonik.com

Dalam acara pesta, perhiasan termasuk sah-sah saja digunakan. Bahan yang dipakai bisa berupa emas maupun berlian. Kamu bisa menggunakan kalung ataupun gelang emas yang senada dengan pakaian. Untuk acara pesta yang formal, kamu bisa menggunakan jenis perhiasan yang kalem dan tak terlalu mencolok dalam segi bentuk.

baca juga

2. Aksesoris ke Kantor

2. Aksesoris ke Kantor
source: http://pearl.org.in

Karena pemakaiannya hanya ke kantor, sebaiknya kamu jangan menggunakan perhiasan yang mencolok. Perhiasan seperti kalung mutiara atau gelang perak akan membuatmu terlihat profesional di kantor tanpa kesan berlebihan. Kalau kamu menggunakan blazer abu, kalung emas dengan bandul kecil pasti cocok untukmu.

3. Aksesoris ke Kampus

3. Aksesoris ke Kampus
source: https://www.amazon.com/

Untuk penampilan ke kampus, perhiasan emas dan berlian tentunya akan tampak berlebihan. Perhiasan imitasi seperti gelang yang terbuat dari manik-manik maupun kayu lebih cocok jadi pilihanmu untuk tampil manis di kampus. Perhiasan jenis ini juga akan memberikan efek natural di kampus.

baca juga

4. Aksesoris ke Mal

4. Aksesoris ke Mal
source: https://id.pinterest.com

Untuk ke mal kamu juga bisa menggunakan perhiasan. Namun tentunya tetap dicocokan dengan outfit yang sedang kamu pakai, misalnya cincin perak yang dipadukan dengan outfit bernuansa pastel. Tapi, karena mal adalah tempat umum, pastikan kamu juga harus waspada dalam menggunakannya ya, jangan sampai mengundang tindak kriminalitas.

Selain pemilihan tempat, beda jenis perhiasan, beda juga cara memilihnya. Untuk anting, kamu harus memilihnya berdasarkan bentuk wajahmu, karena memang peran anting adalah untuk membingkai wajah. Sedangkan dalam memilih kalung, yang harus diperhatikan adalah bentuk leher dan bahumu, kalung model tumpuk jika bahumu lebar.

Untuk gelang juga harus disesuaikan dengan bentuk lenganmu, hindari penggunaan gelang dengan ketebalan yang tipis jika lingkar lengan mu besar ya, Beautynesian.