Pernikahan menjadi momen sekali seumur hidup yang akan selalu dikenang. Untuk itu sebagian orang tak segan menghabiskan dana yang tak sedikit demi mendapat pesta pernikahan yang ekstra dan memukau. Tapi sebagian lagi memilih pesta pernikahan yang realistis, yang tak menjadikan beban hutang di kemudian hari tapi tetap berkesan dan membekas.

Seperti sebuah pesta pernikahan yang baru-baru ini viral. Pengguna Twitter dengan username @rizaasz baru saja membagikan utas yang membahas soal resepsi pernikahannya yang menghabiskan dana hanya sekitar Rp23 juta. Begini kiat dan rahasia yang ia bagikan dilansir dari Wolipop.com,

Menentukan Konsep Acara Sejak Awal

Menentukan Konsep Acara Sejak Awal

Sejak sebelum memutuskan lokasi resepsi, pemilik akun yang memiliki nama asli Riza Andrian Soedardi ini sudah memiliki impian konsep untuk acara pernikahannya, yaitu garden party.

Untungnya sang suami sepakat dengan ide tersebut. Ia dan suami yang sebelumnya sudah melangsungkan acara akad nikah bersama keluarga, kemudian mencari lokasi acara untuk melakukan acara resepsi yang akan diadakan tanpa keluarga.

"Meskipun konsep ndakik-ndakik, budget kami ditekan banget agar tetap realistis dan habis nikahan bisa hidup. Kami ikhlas di angka 25jt. Dengan duit segitu risetlah kami ke semua wedding package/pax yg ditawarkan resto dan hotel," cuit Riza dalam akun Twitternya.

baca juga

Memilih Lokasi Acara di Tempat yang Baru Buka

Memilih Lokasi Acara di Tempat yang Baru Buka

Pada awalnya Riza dan suami cukup kebingungan untuk menentukan lokasi resepsi karena persiapannya yang kurang dari satu bulan sehingga banyak hotel dan restoran yang tidak menyanggupi. Tapi kemudian mereka mendapatkan masukan untuk mencari lokasi yang baru buka.

Masukan ini ternyata sangat membantu, lokasi yang baru buka biasanya akan menawarkan banyak diskon karena tempat tersebut masih memperkenalkan diri. Akhirnya terpilihlah Joglo Brongkol, yaitu sebuah cafe semi outdoor bertema Jawa yang terletak tak jauh dari pusat kota dan rumah mereka. Selain lokasi ini strategis, cafe ini juga memiliki konsep yang sesuai dengan rencana mereka.

Tanpa Venue Pelaminan

Tanpa Venue Pelaminan

Setelah mantap memilih Joglo Brongkol sebagai lokasi resepsi, Riza dan suami kemudian bertanya mengenai wedding package yang ditawarkan oleh cafe tersebut. Di cafe tersebut paket pernikahan bernilai Rp25 juta, yang sudah mencakup fasilitas akad, catering, dekorasi, musik, MC, dan dokumentasi.

Karena Riza tidak mengambil MC, dokumentasi, tidak membuat venue pelaminan, serta sudah melangsungkan akad, maka setelah bernegosiasi dengan pemilik cafe akhirnya Riza berhasil mendapatkan lokasi tersebut dengan harga Rp20 juta.

"Aku sampaikan ke Bu Nunik (pemilik joglo) kalo aku hanya mau untuk 150 orang aja, tanpa mc & dokumentasi. Maunya garden party jadi banyak kursi biar semua bisa duduk, aman buat main anak, dan gausah pelaminan karena acara tanpa keluarga," jelas Riza.

"Lokasi, dekor, makanan ringan 3 macam, snack bar, dan musik. That's a good deal!!!!," imbuhnya.

baca juga

Tanpa Undangan Berbentuk Fisik

Tanpa Undangan Berbentuk Fisik

Lokasi resepsi sudah siap, Riza pun mulai mempersiapkan undangan. Karena tidak lagi mengundang keluarga, Riza dan suami hanya membuat daftar undangan untuk teman-teman mereka yang berjumlah 150 orang. Agar lebih hemat dan tidak menghamburkan kertas, undangan dibuat dengan rsvp google form, dan didesain oleh teman baik mereka.

Melibatkan Teman Sebagai Pemandu Acara

Melibatkan teman ke dalam acara pernikahan selain bisa mempererat pertemanan ternyata juga bisa menghemat budget lho. Seperti Riza yang meminta temannya untuk menjadi MC. Karena berkawan baik akhirnya mereka sepakat untuk membayar jasa MC hanya senilai Rp500 ribu. 

Memilih Make Up Artist Langganan

Memilih Make Up Artist Langganan

Setelah semua persiapan tersebut, terakhir untuk make up di resepsi pernikahan ini Riza memilih memakai make up artist langganannya. Daripada memaksakan diri memakai make up artist terkenal, memilih make up artis langganan saat menikah selain bisa meminimaisir budget juga akan membuat tampil lebih percaya diri karena makeup artis langganan pasti sudah tahu countur wajah dan style make up yang disukai. 

Riza memilih menyewa pakaian dengan harga Rp800 ribu, sementara itu sang suami memakai baju yang sama dengan yang dipakai saat akad. Untuk riasan tampilannya, Riza mempercayakan pada makeup artist langganannya dengan harga Rp500 ribu.

"Makeup, i always trust Kak Nia my luv yg sedang menunaikan cita-citanya di US. Untuk makeup aku dan my bf kami deal dengan rate Rp500 ribu tapi itu dulu yow," ungkap Riza