Belum lama ini pengguna twitter @rizaasz menjadi viral berkat cuitannya yang menceritakan tentang pesta pernikahannya yang menelan biaya kurang dari Rp25 juta. Ia dan pasangan menyelenggarakan pernikahan pada 22 September 2018 lalu di Jogja.

Sebelum resepsi digelar ia telah melangsungkan akad dengan acara bersama keluarga. Pasangan pengantin ini akhirnya sepakat membuat acara terpisah. Mendapat ijin dari keluarga besar, mereka akhirnya membuat selebrasi pernikahan 2 minggu sebelum akad.

Yang menarik dari pesta pernikahan keduanya ialah budget yang dihabiskan, kurang dari Rp25 juta. Dilansir dari Wollipop, ini dia kisahnya!
 

1. Konsep Acara dan Budget

1. Konsep Acara dan Budget
source: https://www.twitter.com/@rizaasz

Riza dan suami mengaku memiliki cita-cita untuk mengadakan pesta pernikahan berkonsep 'garden party' dan hanya mengundang teman-teman. Di dalam pesta pernikahan tersebut, ia tak memakai pelaminan karena acara diadakan tanpa keluarga. Sarannya, jangan lupa pastikan bahwa vendor acara bisa menyiapkan kebutuhan sesuai keinginan ya.
 

baca juga

2. Daftar Tamu Undangan

Dalam cuitannya, Riza pun mengungkapkan kalau dirinya sudah tahu akan menghadirkan berapa orang dalam pesta pernikahan tersebut. Jumlah tamu undangan sangat penting karena diperlukan untuk riset wedding package/pax. Ia merayakan salah satu hari bersejarah dalam hidupnya tersebut dengan mengundang 150 orang teman-teman.
 

3. Lokasi

3. Lokasi
source: https://www.twitter.com/@rizaasz

Untuk lokasi, Riza memilih Joglo Brongkol sebagai tempat diadakannya resepsi pernikahan. Resto yang baru buka ini menawarkan semua fasilitas yang Riza butuhkan seperti mushola, pendopo depan dan belakang, panggung terbuka, tempat parkir dan yang terpenting lokasi resto tak jauh dari rumahnya serta kota.

Untuk kamu yang ingin menekan budget resepsi, tips dari Riza yang diperoleh dari seorang temannya, cari tempat yang baru buka karena biasanya akan memberi diskon.

Paket pernikahan yang sebesar Rp25 juta ternyata sudah all-in termasuk akad, catering, dokumentasi dan MC.
 

baca juga

4. Pilih Paket Pernikahan dan Nego Harga

4. Pilih Paket Pernikahan dan Nego Harga
source: https://www.twitter.com/@rizaasz

Konsultasikan kebutuhan kamu. Setelah negosiasi panjang lebar dengan sang pemilik resto, Riza mendapat harga di angka Rp20 juta tanpa menggunakan MC dan dokumentasi.
 

5. Dokumentasi dan MC

Untuk budget dokumentasi, Riza memilih jasa temannya dan mematok harga Rp1 juta. Sedangkan pembawa acara alias MC, Riza sudah lama berniat mengambil dari kalangan teman sendiri agar lebih mudah akrab dengan hadirin. Budget MC menghabiskan dana Rp500 ribu.
 

6. Baju dan Makeup Pengantin

Riza menyewa pakaian yang akan dikenakannya di acara resepsi. Sedangkan sang suami memakai outfit yang sama dengan yang ia gunakan ketika akad. Biaya sewa pakaian sendiri sebesar Rp800 ribu. 

Untuk urusan rias wajah, Riza mempercayakannya pada seorang make up artist favoritnya dengan kisaran harga Rp500 ribu.
 

7. Souvenir

Tak lengkap rasanya jika resepsi pernikahan diadakan tanpa adanya souvenir. Untuk itu, pasangan ini memilih sovenir berupa kipas kecil hasil karya difabel Panti Bina Siwi dengan budget Rp300 ribu.