Tujuan Pernikahan dan Komitmen


Tujuan Pernikahan dan Komitmen
source: https://www.lifealth.com/

Hal pertama yang perlu dibahas sebelum pernikahan berlangsung ialah tentang tujuan pernikahan dan komitmen. Keduanya adalah pilar yang harus menjadi acuan ketika berumah tangga. Ketika nantinya pernikahan sedang berada di masa-masa sulit, ingatlah kembali tujuan dan komitmen awal yang telah dibangun sebaik mungkin. Hal ini akan membantu kamu dan pasangan agar lebih kukuh mempertahankan rumah tangga serta menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi.

Pernikahan dengan tujuan yang jelas tentu akan lebih kuat dan tidak mudah rapuh. Tujuan dan komitmen awal yang disusun bersama pasangan adalah pondasi kuat untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

Cara Berkomunikasi


Cara Berkomunikasi
source: https://www.lifealth.com

Komunikasi adalah salah satu hal penting dalam pernikahan. Menyatukan dua raga dengan karakter berbeda tentu juga harus menyatukan pola komunikasi yang berbeda. Maka bahaslah tentang pola komunikasi yang ada di antara masing-masing, serta tetapkan pula bagaimana komunikasi yang akan terjalin kedepannya ketika sudah berumah tangga. Upayakanlah komunikasi menjadi hal yang penting agar kamu dan pasangan menjadi lebih mengerti satu sama lain.

baca juga

Kondisi Keuangan dan Pengelolaannya Setelah Menikah


Kondisi Keuangan dan Pengelolaannya Setelah Menikah
source: https://www.justourtwosense.com/

Selanjutnya adalah kondisi keuangan dan pengelolaannya setelah menikah. Tidak bisa dipungkiri bahwa keuangan adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan. Sebisa mungkin pahami dan ketahuilah kondisi keuangan masing-masing. Rencana pernikahan tentu membutuhkan sejumlah biaya yang lumayan besar. Sarah satu solusi yang bisa dilakukan ialah membuat anggaran dan menabung bersama pasangan.

Agar bisa memenuhinya hal ini harus diawali dengan keterbukaan masing-masing tentang kondisi keuangan. jngan lupa juga untuk membahas pengelolaan keuangan yang akan dilakukan setelah berumah tangga. Kamu dan pasangan harus ada gambaran bagaimana pengelolaan keuangan yang akan dilakukan setelah hidup bersama.

Prioritas Pribadi Masing-Masing


Prioritas Pribadi Masing-Masing
source: https://www.rd.com/

Dua insan yang bertemu dalam jalinan kasih tentu mempunyai prioritas pribadinya masing-masing. Hal ini tentunya wajib untuk kamu dan pasangan bahas. Bagaimanapun juga kamu dan pasangan akan mempunyai kehidupan pribadi masing-masing termasuk prioritas yang ada di dalamnya.

Mungkin saja berbagai macam prioritas ini masih tetap ini dijalankan setelah membangun bahtera pernikahan. Penting bagi kamu dan pasangan untuk mengetahui prioritas yang ada sejak awal, sehingga rumah tangga berjalan dengan prioritas bersama.

baca juga

Target Keuangan Setelah Menikah


Target Keuangan Setelah Menikah
source: https://www.justourtwosense.com

Banyak orang yang mungkin mengira bahwa membicarakan keuangan sebelum pernikahan adalah hal yang terlalu cepat untuk dilakukan. Namun ketahuilah bahwa semakin cepat rencana keuangan dibahas maka semakin mantap kamu dan pasangan mengetahui gambaran pernikahan yang akan dijalani. Maka untuk itu susunlah dan tentukan latar keuangan akan dilakukan secara teliti dan bijaksana. Semakin awal ini kamu lakukan maka semakin panjang waktu kamu untuk mempersiapkannya. 

Kondisi Keluarga Besar Masing-Masing


Kondisi Keluarga Besar Masing-Masing
source: https://www.rd.com/advice/parenting/big-family-benefits/

Menikah tentu bukan hanya menyatukan kamu dan pasangan, melainkan juga menyatukan dua keluarga besar masing-masing yang ada di belakangmu. Hubungan pernikahan tentu akan semakin kuat ketika kamu mengenal baik keluarga pasanganmu dan begitu pula sebaliknya. Tidak hanya itu, keluarga besar masing-masing pun seharusnya sudah menjalin silaturahmi yang baik guna mempererat hubungan keluarga yang akan terjalin.

Pembagian Tugas Rumah Tangga


Pembagian Tugas Rumah Tangga
source: https://www.focusonthefamily.com/

Nah, yang terakhir adalah pembagian tugas rumah tangga. Bukan hanya istri saja, melainkan juga suami harus ikut serta dalam mengurus rumah tangga. Seperti yang diketahui, ada banyak tugas rumah tangga yang harus diselesaikan. Itulah sebabnya  kerjasama antara pasangan adalah salah satu makna pernikahan yang harus dilakukan.

Kamu dan pasangan adalah sebuah tim kerja sehingga harus diketahui tugas masing-masing dan bagaimana cara mewujudkannya. Namun kondisi ini harus mempertimbangkan pekerjaan utama kamu dan pasangan sehingga pembagiannya secara tepat dan bijaksana.