1. Dukun

1. Dukun

Seperti yang sudah menjadi pengetahuan umum, mistis adalah hal yang berkaitan dengan dunia gaib. Pengertian ini sesuai dengan kemampuan dukun yang umumnya bisa mengetahui, melihat dan berinteraksi dengan alam gaib. Tak sedikit juga orang yang memiliki kemampuan tersebut kemudian bekerja sebagai dukun. Banyak yang masih mempercayai bahwa dukun bisa menjadi solusi atas setiap permasalahan hidup. Dukun identik dengan benda-benda mistis semisal keris, tombak, sesajen, bunga dan sejenisnya.
 

2. Benda Keramat

2. Benda Keramat

Selain dukun, hal mistis lain yang juga masih dipercaya masyarakat Indonesia adalah benda-benda keramat. Seperti yang sudah disebutkan di atas, benda keramat bisa berupa senjata tradisional, cincin, batu, atau menyan. Benda-benda tersebut dianggap memiliki kekuatan mistis yang juga biasa disebut jimat.

Peruntukannya bisa bermacam-macam. Ada yang memakainya untuk pesugihan, kekebalan diri, penglaris, atau untuk memudahkan memikat lawan jenis. Untuk memilikinya harus melewati syarat khusus yang tidak bisa dikatakan mudah.

baca juga

3. Mitos

3. Mitos
source: https://luvizhea.com/

Hal mistis di Indonesia juga sering dikaitkan dengan mitos atau kepercayaan tertentu. Mitos biasanya merupakan larangan yang jika dilanggar akan mengakibatkan keburukan. Misalnya saja mitos tentang larangan keluar rumah saat petang karena bisa diikuti makhluk dari alam lain.

Contoh lain misalnya anjuran menaruh gunting di dekat bayi yang baru lahir agar si bayi tidak diganggu makhluk gaib. Mitos-mitos tersebut hingga kini masih banyak dipercayai terutama oleh masyarakat yang tinggal di desa.
 

4. Waktu Terlarang

4. Waktu Terlarang
source: https://www.kratonjogja.id/

Tidak hanya benda atau kejadian yang dilabeli mistis, orang Indonesia juga masih banyak yang mempercayai waktu-waktu terlarang. Waktu-waktu tersebut dianggap terlarang karena dipercaya akan mendatangkan bencana jika memaksa untuk dilarang.

Waktu terlarang yang dianggap paling mistis adalah larangan untuk menikah di bulan Suro. Bulan tersebut merupakan bulan pertama di sistem penanggalan Jawa. Bagi yang menikah di bulan tersebut, dikhawatirkan akan mendapatkan keburukan dan kesulitan.

baca juga

5. Ritual

5. Ritual
source: https://www.pixabay.com

Berbicara soal mistis di Indonesia, pasti sangat erat kaitannya dengan ritual. Ritual biasanya dilakukan oleh orang yang dianggap memiliki kemampuan lebih untuk menembus alam gaib. Tujuan dilakukan ritual bisa bermacam-macam, misalnya ketika menempati rumah baru, menyambut perayaan tertentu atau sekadar upaya membersihkan diri. Ritual yang sering ada, yakni rituak pengantin.