1. Membantu Menurunkan Berat Badan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya tidak ada makanan yang bisa menurunkan atau menaikkan berat badan begitu saja. Semua tetap dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan. Namun chia seeds yang mengandung serat tinggi sering dijadikan salah satu bahan makanan untuk mereka yang sedang menjalani diet. Manfaat chia seeds untuk menurunkan berat badan ini bekerja dengan mengurangi lemak dan meningkatkan asupan protein sehingga menimbulkan rasa kenyang lebih lama.
 

2. Melancarkan Pencernaan

2. Melancarkan Pencernaan
source: https://www.pixabay.com

Chia seeds ternyata juga merupakan obat alami yang ampuh menyembuhkan sembelit atau susah buang air besar. Biji-bijian ini akan berubah seperti jelly ketika bercampur dengan air di dalam lambung. Selain itu juga kandungan seratnya mencukupi kebutuhan harian. Inilah alasannya chia seeds bisa membantu melancarkan pencernaan.

Manfaat chia seeds tersebut bisa kamu dapatkan dengan mencampurkannya pada makanan atau minuman yang dikonsumsi.

baca juga

3. Menyetabilkan Gula Darah

Tidak hanya untuk orang yang sehat, chia seeds juga makanan yang sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam biji-bijian ini telah dipercaya sebagai zat yang bisa menurunkan kadar gula darah yang berlebih. Jika dikonsumsi rutin, chia seeds juga akan mengurangi risiko penyakit gula darah tinggi ini terutama bagi yang memiliki keturunan penyakit ini.
 

4. Membantu Proses Pengobatan Kanker

4. Membantu Proses Pengobatan Kanker
source: https://www.pixabay.com

Manfaat chia seeds yang menakjubkan selanjutnya adalah bisa membantu proses pengobatan kanker. Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa chia seeds merupakan sumber asam alpha-linoleat yang baik dan dapat membantu mencegah kanker payudara. Tidak hanya itu, minyak biji chia juga diketahui memiliki sifat anti-kanker yang ternyata dapat memperlambat proses pertumbuhan tumor dan menghambat replikasi sel kanker dalam tubuh.
 

baca juga

5. Meningkatkan Energi dan Melancarkan Metabolisme

5. Meningkatkan Energi dan Melancarkan Metabolisme
source: https://www.pixabay.com

Chia seeds juga disarankan untuk dikonsumsi sebelum melakukan olahraga atau aktivitas berat lainnya karena bisa menjadi sumber tenaga tanpa kalori yang berlebihan. Cara mengonsumsinya bisa dicampurkan dengan minuman. Vitamin B, seng, besi, dan magnesium dalam chia seeds secara keseluruhan merupakan sumber energi bermanfaat. Selanjutnya, biji chia juga bisa melancarkan proses metabolisme sehingga tubuh bisa tetap sehat. Manfaat chia seeds ini telah dibuktikan melalui penelitan oleh para ahli.