Jangan biarkan kesempatanmu untuk diterima oleh perusahaan tujuan hilang karena selama interview kerja kamu melakukan kesalahan. Pastikan kamu persiapkan diri dan jawaban dengan baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. PancaNita Manalu, Regional Head of HR at Green Park Content, membagikan 3 hal yang tidak boleh kamu lakukan selama interview kerja, Ladies. Catat, ya!

Tidak Mencari Informasi Tentang Perusahaan

Saat memutuskan untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, apa yang kamu pikirkan? Apakah kamu hanya asal-asalan? Jangan sampai tindakan asal-asalan tersebut terbawa hingga momen interview kerja, Ladies. Meskipun awalnya kamu cuma coba peruntungan, pastikan saat interview kerja kamu membawa bekal berupa informasi seputar perusahaan yang kamu lamar.

PancaNita menyebut, salah satu kesalahan terbesar dalam interview kerja adalah tidak mencari informasi terlebih dulu tentang perusahaan tujuan. Kamu butuh persiapan, dan menunjukkan bahwa kamu benar tertarik bekerja di perusahan yang kamu tuju.

"Menyebutkan satu atau dua hal tentang perusahaan itu sangat baik. Do the extra miles. Jadi kesannya 'I've done my homework before I come'. Penting juga untuk mencari informasi tentang orang yang akan meng-interview. Tidak well-prepared itu kesalahan (saat interview kerja)," kata PancaNita.
 

baca juga

Menanyakan Gaji

Tidak ada salahnya menanyakan soal gaji. Tapi, sebaiknya hal tersebut tidak kamu tanyakan selama proses interview kerja. Tanpa kamu tanya, sebenarnya perusahaan yang mengundangmu untuk melakukan interview akan memberikan informasi tersebut saat kamu sudah diterima kerja dan melakukan negosiasi gaji.

"Bertanya tentang berapa besar gaji (sebaiknya dihindari). Mention gaji dengan jumlah fantastis. Tapi saat ditanya (kenapa minta gaji besar), enggak bisa kasih explanation. Sebaiknya jangan minta gaji yang langsung fantastis. Gaji itu inisiatifnya HRD (untuk diinformasikan), jadi tidak perlu ditanyakan," jelas PancaNita.
 

Tidak Menyiapkan Pertanyaan

Umumnya, untuk menutup interview kerja, interviewer akan bertanya tentang apakah kamu punya pertanyaan. Jangan sampai kamu tidak menyiapkan satu pertanyaan pun, Ladies. Memberikan pertanyaan kepada perusahaan mengindikasikan bahwa kamu punya ketertarikan terhadap perusahaan yang kamu lamar.

"Jangan langsung tutup proses interview tanpa bertanya. Tidak hanya company yang mau tahu (tentang kamu), kamu juga harusnya mau tahu tentang company. Kamu bisa bertanya tentang tantangan perusahaan, visinya apa, produknya apa, culture-nya gimana, aktivitas menariknya. Jangan lupa juga untuk ucapkan terima kasih (sebelum menutup proses interview)," ungkap PancaNita.