Sejarah Kimchi

Dahulu kimchi diucapkan oleh orang Korea dengan sebutan 'Chim-Chae' yang berarti sayuran yang direndam, dan saat ini kimchi dilafalkan dengan kimchee atau gimchi. Pada awalnya masakan Korea ini disajikan berwarna putih karena tidak ada bubuk cabai. Namun pada abad ke-18, bangsa Portugis memperkenalkan bubuk cabai pada masyarakat Korea.

Sejarah Kimchi
source: https://pinterest.com

Pembuatan Kimchi

Kimchi adalah makanan populer di Korea. Awalnya kimchi dibuat karena kebanyakan orang Korea tidak memiliki kulkas sehingga menggunakan cara tradisional dengan dipendam dalam tanah. Jika menggunakan metode yang benar, kimchi bisa bertahan hingga 3 tahun di dalam kulkas. Diketahui bahwa semakin lama proses fermentasinya, harga jual kimchi akan semakin meningkat.

Pembuatan Kimchi
source: https://pinterest.com
baca juga

Manfaat Kimchi

Menurut sebuah penelitian, kimchi termasuk dalam jenis makanan yang menyehatkan di seluruh dunia. Bahkan makanan Korea ini masuk dalam lima besar jenis makanan yang menyehatkan. Dalam prosesnya, kimchi dicampur bumbu cabai agar terasa lebih pedas. Bubuk cabai tersebut memiliki kandungan vitamin A dan C, yang bermanfaat untuk mencegah virus kanker menyerang tubuh. Kimchi juga mengandung lactobacilli yang bisa bermanfaat melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh.

Manfaat Kimchi
source: https://pinterest.com

Jenis-Jenis Kimchi

Saat ini terdapat 187 jenis kimchi yang terseber diseluruh dunia. Bukan hanya terbuat dari sawi putih saja, kimchi juga bisa dibuat dari lobak dan berbagai macam jenis sayuran lainnya. Pada pergantian musim, orang Korea menyantap kimchi dengan resep kimchi yang berbeda. Misalnya pada musim semi penduduk korea memakan pa kimchi (kimchi bawang), pada musim panas yang disantap adalah oi sobaga (kimchi mentimun) lalu pada musim gugur dan dingin orang korea biasa memakan kimchi lobak.

Jenis-Jenis Kimchi
source: https://pinterest.com
baca juga

Diucapkan Saat Berfoto

Fakta menarik lainnya dari masakan Korea ini adalah ketika berfoto, kebanyakan orang Korea akan berteriak 'kimchiiii' dan akan akan memperlihatkan senyum mereka dengan merekah. Jika di negara lain saat berfoto akan berteriak 'cheeseee' namun masyarakat Korea memiliki keunikannya sendiri.