Banyak cara untuk membuat CV kamu dilirik oleh perusahaan, termasuk memilih berbagai informasi yang kamu masukkan. Tidak boleh sembarangan, kamu benar-benar harus tahu apa saja informasi yang sebaiknya kamu masukkan dan tidak kamu tuliskan. Daripada salah dan justru bikin kesempatanmu keterima di perusahaan impian makin kecil, simak dulu yuk informasi seputar CV di artikel ini, Ladies!

1. Apa Hubungan Pekerjaan dengan Penampilan?

Sudah bukan rahasia lagi bahwa penampilan memainkan peran penting dalam mendapat pekerjaan. Bukan yang utama memang, tapi penampilan tetap saja dapat menjadi hal yang menentukan. Mengenai hal ini, PancaNita Manalu, Regional Head of HR at Green Park Content, menyarankan agar kandidat yang dipanggil untuk interview kerja memperhatikan penampilannya.

"Lebih baik overdo, seperti terlalu rapi, daripada kotor. Jangan sampai pakai baju yang kena kuah bakso karena habis makan bakso. Penampilan harus rapi, wangi, pakai makeup, dan pastinya harus mandi. Berpenampilanlah senyaman mungkin, cara kamu berpakaian kurang lebih menjelaskan tentang personality," jelas PancaNita.

Menurut PancaNita, penampilan harus baik tapi jangan berlebihan. Hindari aksesori berlebihan seperti anting menor misalnya. Alih-alih tampil dengan full-makeup, sebaiknya terapkan penampilan makeup yang natural. Ia juga menyarankan kandidat interview kerja untuk tidur yang cukup, agar dapat menjalani interview dengan fisik yang segar dan bugar.

baca juga

2. Perlukah Tulis Kamu Cantik dan Berpenampilan Menarik di CV?

Kamu mungkin ingin memastikan bahwa perusahaan yang kamu tuju tahu bahwa kamu adalah seseorang yang berpenampilan cantik dan menarik. Kamu bermaksud mencuri perhatian dengan penampilan yang kamu tawarkan. Lalu, benarkah menulis tentang penampilan di dalam CV adalah langkah baik untuk mendapatkan pekerjaan?

Menurut PancaNita, sebaiknya informasi-informasi tentang kondisi fisik harus kamu hindari untuk dimasukkan dalam CV, Ladies. Menurutnya, informasi pribadi tentang warna kulit, ras, bentuk tubuh, dan berbagai hal terkait fisik lainnya sebaiknya tidak kamu mention dalam CV.

"Detail tentang tipe fisik enggak usah dimasukkan dalam CV. Misalnya, 'sexy body type', 'chinese', dan lain-lain. Fokus aja ke expertise dan kontribusi yang bisa kamu kasih ke perusahaan. Enggak perlu juga high-light informasi tentang agama, tinggi badan, berat badan, warna kulit, dan hal-hal pribadi lainnya," jelas PancaNita.

3. Ada Riset yang Bilang Cantik Bikin Susah Dapat Kerja, Benarkah?

Dilansir dari detikcom, diketahui bahwa seseorang yang berpenampilan menarik mungkin kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Riset tersebut sebenarnya fokus kepada pria, Ladies. Eksperimen dari empat kantor di Amerika Serikat dan Inggris tersebut dilakukan oleh London Business School dan peneliti dari University of Maryland. Hasilnya, semakin ganteng seorang pria, maka semakin besar ancaman terhadap karirnya.

Dari riset tersebut, kurang lebih Ladies bisa mendapat gambaran tentang serba-serbi cari pekerjaan saat ini, kan? Kamu perlu berpenampilan menarik, tapi juga tidak boleh "terlalu menarik". Susah dijelaskan, tapi bukankah yang paling penting adalah skill dan keahlian yang kamu tawarkan? Selama kamu punya kemampuan yang mumpuni, selalu terbuka peluang bagimu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu ingnkan, Ladies.

So, keep fighting untuk dapatkan pekerjaan impianmu, ya!