1. Indeed Labs retinol reface skin serum

source: beaut.ie

Bisa dibilang, Indeed Labs retinol reface skin serum adalah produk retinol terbaik untuk pemula alias kamu yang baru coba-coba pakai retinol. Produk seharga Rp289 ribuan ini free-fragrance dan memiliki konsistensi yang ringan. Teksturnya lembut dan langsung menyerap di kulit.

Gunakan malam hari, setelah membersihkan semua makeup dan memakai toner. Aplikasikan sambil pijat-pijat wajah, hindari area mata. Keesokan paginya, kulit akan terasa lembut, tidak kering, tidak pula berminyak. Perlahan, garis-garis halus dan keriput akan jadi samar.

2. La Roche-Posay redermic anti-ageing concentrate intense

source: escentual.com

La Roche Posay secara eksklusif menciptakan Redermic R dengan Redermic R booster complex yang dikombinasikan dengan retinol murni 0,3%. Fungsinya memberikan solusi yang efektif untuk kerutan, bintik-bintik gelap dan warna kulit yang tidak merata. Produk hypoallergenic seharga Rp416 ribuan ini merupakan produk retinol terbaik untuk wanita dengan kulit sensitif. Selain ringan di kulit, teksturnya yang cair juga mudah menyerap dan tidak lengket ketika dipakai.

baca juga

3. Murad Retinol youth renewal night cream

source: planetbeauty.com

Meremajakan kulit di saat tidur, krim malam dari Murad ini menggunakan terobosan Teknologi Retinol Tri-Active yang dapat meminimalkan garis halus dan kerutan kulit. Kandungan ekstrak alga merah di dalam produk seharga Rp1,1 juta ini membantu meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit untuk tampilan awet muda. Murad Retinol youth renewal night cream termasuk produk retinol terbaik utnuk kulit sensitif.

4. REN bio retinoid anti-ageing cream

source: syndicate.details.com

Lebih seperti moisturizer daripada serum, REN bio retinoid anti-ageing cream menjanjikan produk tanpa efek samping. Pada beberapa kasus, retinol kadang menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi di awal pemakaian. Dalam waktu 28 hari, penggunaan produk seharga Rp780 ribuan ini akan membuat kulit tampak lebih kencang dan lebih cerah.

baca juga

5. Zelens power A high potency vitamin A treatment drops

source: 5h.com

Serum anti-aging seharga Rp2 jutaan ini memiliki aroma wangi yang tidak menyengat. Kemasan pipetnya juga mudah dikontrol sehingga mencegah produk terbuang sia-sia. Pemakaian Zelens power A high potency vitamin A treatment drops yang terlalu sering bisa menyebabkan iritasi, jadi disarankan untuk membatasi penggunaannya tiga kali seminggu saja.

6. Sunday Riley A+ dose retinol serum

source: thisisinsider.com

Sunday Riley A+ dose retinol serum mengandung retinol yang sangat kuat, yaitu sebanyak 6.5 %. Produk seharga Rp1,2 juta ini bisa jadi produk retinol terbaik untuk menyamarkan bekas jerawat serta mencerahkan dan mengencangkan kulit. Jika kamu pengguna retinol pemula, pakai serum ini secara bertahap. Gunakan waktu malam, setiap dua kali seminggu, lalu tambah frekuensinya menjadi per dua malam sekali, sampai kemudian setiap malam. 

7. Holy Grail retinol repair skin cream

source: independent.co.uk

Pelembap yang ringan dengan 1% retinol ini cocok untuk pemula yang memiliki kulit sensitif. Holy Grail retinol repair skin cream juga mengambil kebaikan bahan-bahan berupa hyaluronic acid, green tea extract, aloe vera leaf juice, dan shea butter. Ringan di kulit, produk seharga Rp416 ribu ini bisa kamu gunakan sebagai moisturizer siang hari. 

Sebagai catatan, diperlukan kehati-hatian saat menggunakan produk retinol karena tidak setiap kulit bisa mengatasi bahan istimewa ini, terutama kulit yang sensitif. Selain itu, menggunakan produk retinol tidak melulu disarankan untuk kulit dewasa melainkan juga kamu yang usianya 20-an akhir dan 30-an awal. Dengan demikian, kulit pun bisa selalu tampak awet muda sejak dini.