1. Pemakaian Deodoran

1. Pemakaian Deodoran
source: https://flexitariannutrition.com/

Penyebab ketiak hitam yang pertama adalah pemakaian deodoran. Keberadaan bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam deodoran bisa memicu perubahan warna kulit ketiak. Frekuensi pemakaian deodoran yang terlalu sering ditambah dengan kebiasaan membersihkan diri yang tidak begitu baik bisa membuat kulit ketiak hitam. 

Untuk mendapatkan kulit ketiak yang lebih cerah kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami berupa perasan jeruk lemon dan baking soda. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan ke kulit ketiak. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

baca juga

2. Iritasi Akibat Mencukur

2. Iritasi Akibat Mencukur
source: https://freepik.com/

Ternyata mencukur ketiak juga bisa jadi penyebab ketiak hitam lho. Kulit ketiak yang lebih sensitif dan rentan iritasi bisa memicu kondisi ketiak jadi lebih gelap. Hal itu terjadi kalau cara mencukur gak dilakukan dengan benar. 

Untuk menerapkan cara mencukur yang benar kamu bisa melakukannya setelah mandi. Saat area kulit lebih lembap juga halus. Selanjutnya kamu juga bisa menambahkan krim cukur agar lebih memudahkan dalam kegiatan mencukur.

baca juga

3. Mengenakan Pakaian yang Terlalu Ketat

3. Mengenakan Pakaian yang Terlalu Ketat
source: https://freepik.com/

Pemakaian pakaian yang terlalu ketat juga bisa menimbulkan kulit ketiak hitam. Ini terjadi karena saat memakai pakaian terlalu ketat lebih rentan menimbulkan gesekan di area permukaan kulit. Gesekan yang terlalu sering bisa menimbulkan ketiak hitam. 

Untuk menghindari terjadinya gesekan di permukaan kulit ketiak yang tidak diinginkan. Kamu bisa memilih kaos atau baju yang lebih longgar. Hal ini dilakukan agar bisa memberi ruang bagi kulit untuk bernapas. 

4. Hiperpigmentasi

4. Hiperpigmentasi
source: https://freepik.com/

Penyebab kulit hitam di luar kebiasaan yang kita lakukan adalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi sendiri adalah kondisi di mana kulit berwarna lebih gelap dan cenderung hitam. Bisa juga muncul bercak-bercak kecoklatan pada area kulit ketiak. Ini terjadi karena meningkatnya produksi melanin (pigmen yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet) di dalam tubuh. 

5. Penumpukan Sel Kulit Mati

5. Penumpukan Sel Kulit Mati
source: https://www.freepik.com/

Last but not least, penyebab ketiak hitam yang lain adalah terjadinya penumpukan sel kulit mati. Keberadaannya yang tersembunyi dan berupa lipatan, membuat ketiak lebih rentan terjadi penumpukan sel kulit mati. Sama seperti kulit wajah, ternyata kulit ketiak pun juga perlu diberi perawatan eksfoliasi.