Seserahan dalam lamaran atau pernikahan adalah suatu simbol kesanggupan pengantin laki-laki untuk mencukupi kehidupan perempuan yang akan dipinangnya. Biasanya, barang-barang yang dibawa pengantin laki-laki memiliki makna dan doa untuk kesejahteraan kedua calon mempelai di kehidupan mendatang. Hantaran pernikahan sering disebut seserahan atau piningset. Berikut beberapa hantaran pernikahan yang sederhana dan bermakna yang bisa dipertimbangkan!

Perlengkapan Alat Sholat
 
source:https://www.wajibbaca.com

Bagi umat Islam, seperangkat alat solat menjadi seserahan yang wajib, sebagai simbol bahwa agama menjadi tumpuan utamanya. Biasanya isi dari seserahan ini adalah mukena, sajadah, tasbih dan Al-Quran. Seserahan berupa alat solat diberikan dari mempelai pria kepada mempelai wanita dengan maksud kedua mempelai dapat selalu menegakkan tiang agama, yakni solat. Seserahan ini juga sebagai pengingat agar calon mempelai ingat pada sang pencipta.

Perhiasan
source:https://shopee.co.id

Perhiasan merupakan salah satu contoh hantaran pernikahan modern yang diserahkan mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan. Biasanya berupa cincin emas atau kalung emas yang nilainya biasanya disesuaikan dengan permintaan sang mempelai atau dari pihak kelurga mempelai wanita. Hantaran perhiasan memiliki makna beruapa harapan calon mempelai wanita akan terus selalu bersinar di kehidupan dan tidak mengecewakan keluarga.

Kosmetik dan alat mandi
 
source:http://seserahan.goleknafkah.com

Seperangkat kosmetik juga sering dijadikan hantaran pernikahan. Kosmetik menjadi sesuatu yang sangat penting bagi perempuan dan biasanya banyak pengantin pria yang membawa seperangkat kosmetik ini saat pernikahan. Biasanya, seserahan ini berisi peralatan rias, ini juga mencakup sabun, shampoo, body scrub, body lotion, masker dan semua perlengkapan perawatan tubuh yang biasa digunakan oleh pengantin wanita. Seserahan ini memiliki makna agar sang calon istri dapat menjaga penampilan dan bisa selalu tampil cantik di depan suami.

Sepatu atau sandal
 
source:https://www.tokopedia.com

Hantaran pernikahan berupa sepatu atau sandal ini memiliki makna tersendiri jika dijadikan sebagai seserahan. Harapannya, kedua mempelai siap menjalani kehidupan bersama dan menapaki mahligai rumah tangga dengan mantap dan berada selalu dijalan yang lurus bersama dan abadi selamanya. Sepatu atau sandal biasanya dipadukan dengan tas supaya box hantaran terlihat lebih berisi.

Pakaian
 
source:http://aninditalisia.blogspot.com

Ada berbagai macam jenis setelan yang bisa pengantin laki-laki berikan ke pihak perempuan. Mulai dari pakaian kerja, pakaian tidur, bahkan sampai pakaian dalam. Selain itu biasanya untuk pasangan dengan adat jawa, seserahannya berupa bahan kebaya, dan kain jarik bermotif batik. Ini memberikan makna harapan agar rahasia rumah tangga pasangan dapat disimpan dengan baik.

Makanan tradisional
 
source:http://kuesubuhsenen.com

Selain berupa barang, biasanya makanan juga bisa dijadikan hantaran pernikahan. Kue tradisional yang memiliki tekstur basah dan lengket, seperti kue lapism lemper, jenang dan sebagainya. Membawa kue ini sebagai hantaran pernikahan sebagai tanda harapan agar kedua mempelai agar selalu lengket sampai akhir hayat, serta silahturahmi anatar kedua keluarga dapat berlangsung dengan baik selamanya.