1. Air Terjun Tukad Cepung

1.	Air Terjun Tukad Cepung
source: https://www.instagram.com/hotelsandhandluggage/?hl=id

Air Terjun Tukad Cepung merupakan salah satu wisata alam Bali terfavorit saat ini. Air terjun ini terletak di Desa Tembuku tepatnya Banjar Penida Kelod, Kecamatan Tembuku, Bangli Bali. Memang Air Terjun Tukad Cepung ini belum banyak yang mengetahuinya karena akses menuju tempat wisata ini cukup susah.
 
Air Terjun Tukad Cepung dikelilingi tebing-tebing batu yang cukup tinggi sehingga bentuk air terjunnya menyerupai goa. Untuk menikmati keindahan dan kesejukan Air Terjun Tukad Cepung, kamu perlu membayar tarif Rp15 ribu saja. Tidak salah kan jika Air Terjun Tukad Cepung ini termasuk wisata Bali murah dan instagrammable dengan indahnya air terjun seperti di dalam goa? 

2. Air Terjun Aling-Aling

2.	Air Terjun Aling-Aling
source: https://www.instagram.com/kellyyhill/?hl=id

Air Terjun Aling-Aling murah dan instagrammable. Air terjun ini terletak di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali. Lokasinya cukup strategis karena lumayan dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai.
 
Air terjun dengan tinggi 35 kilometer ini sangat cantik karena di bawah air terjun ini ada kolam yang terbentuk secara alami dengan kedalaman 4 meter. Destinasi wisata ini dikelilingi tebing yang ditumbuhi tumbuhan hijau yang menempel di tebing. View air terjunnya sangat mempesona dengan warna hijau toska kolam di bawah air terjun, indah bukan?

baca juga

3. Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

3.	Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati
source: https://www.instagram.com/hbd_hirebalidriver/?hl=id

Hidden Canyon Sukawati terletak di Beji Guwang yang masih kawasan Gianyar, Bali. Hidden Canyon Sukawati ini disebut juga dengan nama Ngarai Sukawati. Wisata alam yang satu ini termasuk dalam wisata Bali murah dengan tarif masuk Rp15 ribu.
 
Hidden Canyon Sukawati ini sangat terkenal karena memiliki spot foto yang instagramble dan eksotis. Bisa jadi setelah kamu berkunjung ke tempat wisata Bali yang satu ini, kamu akan jatuh cinta dengan indahnya canyon yang artistik.
 
Tebing batu yang meiliki ketinggian 20 hingga 30 meter ini kokoh berdiri dan sangat memukau. Wisata alam yang satu ini dipercantik dengan jernihnya aliran sungai yang mengalir lembut. So, wisatawan akan takjub dengan keindahan Hidden Canyon Beji Guwang ini.

4. Kebun Raya Bedugul

4.	Kebun Raya Bedugul
source: https://www.flickr.com/photos/thisisinbalitimur/

Salah satu wisata Bali murah lainnya adalah Kebun Raya Bedugul. Untuk masuk ke kebun raya ini, kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp12 ribu. Kebun Raya Bedugul ini termasuk tempat wisata populer di Bali dan sekitarnya.
 
Kebun Raya Bedugul ini termasuk Kabupaten Tabanan, Bali. Nah, jika kamu liburan di kebun raya yang satu ini, kamu bisa mendapatkan spot view yang indah seperti di luar negeri dan tentu saja kamu bisa menikmati hawa sejuk di kawasan kebun raya ini. Hal tersebut karena di kawasan kebun raya ini ditumbuhi aneka ragam tumbuhan tropis. Selain instagrammble, Kebun Raya Bedugul juga unik karena terletak di dataran tinggi dengan ketinggian antara 1250 hingga 1459 Mdpl.

baca juga

5. Gemitir Garden

5.	Gemitir Garden
source: https://www.instagram.com/gaelle_vp/?hl=id

Ada cerita unik dari tempat wisata Bali yang satu ini, apa nama wisata alam yang satu ini? Gemitir Garden. Pada awalnya, Gemitir Garden tidak untuk tempat wisata karena kebun yang ditanami bunga Marigold ini adalah milik seorang petani.
 
Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Gemitir Garden membuat pemilik memutuskan sebagai tempat wisata. Bagaimana para wisatawan tidak tertarik? Indahnya bunga Marigold khas Amerika Tengah dan Meksiko yang sedang bermekaran menarik hati wisatawan.
 
Tentu saja, Gemitir Garden sangat instagramable, seolah-olah kamu berfoto ria di perkebunan Amerika Tengah. Nah, jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat ini dikenakan tiket masuk antara Rp5 ribu – Rp10 ribu per orang. Lokasi Gemitir Garden dekat dengan Kebun Raya Bali, tepatnya lokasi kebun ini ada di Desa Belok-Badung.

6. Tegalalang Rice Terrace Ubud

6.	Tegalalang Rice Terrace Ubud
source: https://www.instagram.com/adw.joannagorszewska/?hl=id

Tegalalang Rice Terrace atau Sawah Terasering terletak di Desa Tegalalang, Ubud-Bali. Jika kamu ingin menikmati pesona alam pedesaan, kamu dapat liburan di wisata alam ini. Sesuai dengan namanya, wisata alam ini menyajikan indahnya persawahan terasering yang menyejukkan mata.
 
Selain itu, kamu dapat menikmati hawa sejuk dan tetesan embun pagi. Hamparan sawah yang berundak-undak dan bekelok menambah indahnya kawasan Tegalalang Rice Terrace. Nah, untuk menikmati anugerah Tuhan yang satu ini kamu hanya merogoh kantongmu sebesar Rp10 ribu.

7. Anjungan Tukad Melangit (ATM)

7.	Anjungan Tukad Melangit (ATM)
source: https://www.instagram.com/hitomaru611/?hl=id

Saat mendengar kata ATM, di pikiran kamu akan langsung tertuju ke uang. Namun, ATM yang satu ini akan membuat kamu betah berfoto ria dan mengunggahnya di media sosial. Anjungan Tukad Melangit (ATM). Tempat wisata yang satu ini sangat sejuk dan asri.
 
Terletak di Lembah Antugan tepatnya Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli-Bali. Wisata Bali murah yang satu ini cukup unik. Hal tersebut karena di ATM dilengkapi dengan rumah panggung yang dibangun menjorok ke lembah.
 
Tentunya, jika kamu berkunjung ke ATM, hasil jepretanmu akan lebih instagramble karena ATM dikelilingi dengan bukit-bukit hijau nan indah. Nah, untuk menikmati itu semua kamu hanya mengeluarkan uang sebesar Rp10 ribu.

8. Rumah Bambu Pangalon Candidasa

8.	Rumah Bambu Pangalon Candidasa
source: https://www.instagram.com/laxmiii_sbdr/?hl=id

Jika kamu berlibur ke Pulau Dewata, jangan melewatkan untuk tempat wisata yang satu ini, yaitu Rumah Bambu Pangalon Candidasa. Rumah Bambu ini berlokasi di Banjar Pangalon tepatnya Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem-Bali.
 
Dengan membayar Rp10 ribu, kamu dapat menikmati eksotisnya wisata Bali murah yang instagramable ini. Uniknya bangunan Rumah Bambu Pangalon ini cocok untuk dijadikan spot foto di berbagai sudut. Bisa dicoba, Beautynesian.

9. Rumah Pohon Batu Dawa

9.	Rumah Pohon Batu Dawa
source: https://www.kintamani.id/

Satu lagi tempat wisata buatan di Bali yang instagramable, yaitu Rumah Pohon Batu Dawa. Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Desa Batu Dawa, Kecamatan Kubu, Karangasem-Bali. Pada awalnya, rumah pohon yang satu ini tidak untuk tempat wisata. Namun, karena banyaknya peminat yang ingin masuk ke Rumah Pohon Batu Dawa ini maka jadilah tempat wisata yang unik dan eksotis. Ditambah lagi rumah pohon ini dikelilingi bukit dan lembah yang indah.
 
Rumah pohon yang satu ini didirikan pada tahun 2015. Nah, jika kamu ingin berfoto ria di Rumah Pohon Batu Dawa ini, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp20 ribu.

10. Pantai Gunung Payung

10.	Pantai Gunung Payung
source: https://www.instagram.com/laxmiii_sbdr/?hl=id

Jika kamu sudah bosan dengan wisata air terjun, rumah pohon atau kebun raya, bolehlah kamu mampir ke pantai yang indah ini di Bali, yaitu Pantai Gunung Payung. Pantai ini sangat indah dan bersih karena memang belum banyak wisatawan yang berkunjung.
 
Pemandangan Pantai Gunung Payung ini sangat indah dan instagramable tentunya. Terutama hamparan pasir putih yang sangat mempesona akan membuat mata tertegun. Selain itu, pantai ini dipercantik dengan adanya Gunung Payung, sesuai dengan namanya bukan?
 
Nah, jika kamu ingin berkunjung ke Pantai Gunung Payung saat liburan di Bali, kamu akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp5 ribu. Harga tiket masuk memang cenderung murah karena pantai ini belum dikelola secara maksimal.

Itulah 10 destinasi wisata murah di Bali yang instagrammable dan bisa kamu kunjungi saat kamu liburan di Bali. Meski tarif masuknya cenderung tidak menguras kantongmu, tetapi kamu harus ingat tetap jagalah kebersihan tempat wisata negeri ini agar tetap lestari dan indah.