Kehamilan akan membawa banyak perubahan pada tubuh. Selain perut yang akan semakin membesar sesuai usia kehamilan, beberapa bagian tubuh seperti lengan dan paha biasanya juga ikut membesar. Ibu hamil juga rentan kegerahan, oleh sebab itu diperlukan pakaian yang tepat selama masa kehamilan. Tak hanya harus nyaman, pakaian yang dipakai ibu hamil juga harus menunjang penampilan untuk menambah rasa percaya diri mereka. Berikut tips memilih busana untuk ibu hamil!

Pilih Pakaian Longgar

Pilih Pakaian Longgar

Saat hamil, sebaiknya hindari memakai baju yang ketat dan sempit. Baju yang ketat dan sempit bisa membuat ibu hamil merasa sesak, sirkulasi darah juga bisa menjadi tidak lancar dikarenakan baju yang terlalu ketat menempel di tubuh. Sebaiknya kenakan pakaian longgar agar ibu hamil merasa lebih nyaman dan lebih leluasa dalam bergerak.

baca juga

Pilih Bahan yang Melar dan Menyerap Keringat

Pilih Bahan yang Melar dan Menyerap Keringat

Tak hanya harus longgar, pakaian yang ibu hamil pilih selama masa kehamilan juga harus memiliki bahan yang melar dan menyerap keringat. Bahan yang melar akan membuat masa pakai baju jadi lebih lama karena bisa menyesuaikan ukuran perut yang semakin besar. Bahan yang menyerap keringat akan membuat ibu hamil yang rentan berkeringat menjadi lebih nyaman. Bahan katun dan rayon adalah 2 bahan paling tepat untuk pakaian ibu hamil.

Beli Pakaian Dalam Khusus

Beli Pakaian Dalam Khusus

Seiring bertambahnya usia kehamilan, tak hanya ukuran perut yang semakin besar, tapi ukuran payudara juga akan bertambah. Oleh sebab itu ibu hamil sebaiknya membeli pakaian dalam khusus selama hamil. Pilih celana dalam yang dilengkapi karet pengatur yang bisa diubah sesuai ukuran perut, dan pilih bra dengan ukuran dan strap yang lebih besar dari yang biasa dikenakan.

baca juga

Pilih Warna-warna Netral

Pilih Warna-warna Netral

Memilih pakaian dengan warna-warna netral adalah keputusan yang tepat. Selain lebih mudah untuk dipadupadankan, warna-warna netral juga bisa menyembunyikan beberapa bagian tubuh yang membuat ibu hamil kurang percaya diri. Warna netral yang bisa dipilih yaitu seperti hitam, putih, cokelat, atau abu-abu.

Sesuaikan dengan Usia Kehamilan

Sesuaikan dengan Usia Kehamilan

Meskipun cara berpakaian seseorang adalah berdasarkan selera personal, tapi sebaiknya saat hamil pilihlah pakaian yang sesuai dengan usia kehamilan. Saat usia kehamilan sudah semakin besar, dan ibu hamil sudah merasa kurang nyaman mengenakan celana hamil atau legging, maka model pakaian yang lebih nyaman seperti dress atau rok bisa menjadi pilihan.

Pilih Sesuai Selera Fashion

Pilih Sesuai Selera Fashion

Agar ibu hamil tetap merasa percaya diri dan selalu bahagia di masa kehamilan, maka penting untuk memilih pakaian yang sesuai dengan selera fashion. Ibu hamil juga bisa mengenakan beragam aksesoris untuk mempercantik penampilan dan mengalihkan perhatian dari bagian-bagian tubuh yang membuat kurang percaya diri.