Hari pernikahan adalah hari yang spesial untuk kedua mempelai pengantin. Tapi hari tersebut dapat berubah menjadi bencana saat pernikahan yang indah dihancurkan oleh wedding organizer penipu. Seperti cerita viral baru-baru ini, sepasang pengantin harus menggelar pernikahan sederhana, karena ditipu Rp89 juta oleh wedding organizer. Untuk itu 6 cara berikut ini wajib kamu ikuti sebelum memilih wedding organizer!

Belajar dari Kisah Pasangan yang Ditipu, Ini 6 Cara Memilih Wedding Organizer yang Tepat!
source: https://id.pinterest.com/kingascorner/

Cek Track Record Mereka

Cek Track Record Mereka
source: https://id.pinterest.com/weddingchicks/

Hal pertama yang kamu lakukan agar tidak ditipu wedding organizer adalah melihat seberapa berhasilkah wedding organizer tersebut menyelenggarakan pernikahan. Apabila kamu belum menemukan tanda atau riwayat bahwa mereka belum pernah menyelenggarakan pernikahan kamu harus berhati-hati. Untuk itu minta rekomendasi teman ataupun kerabat yang pernah menyelenggarakan pernikahan. Hal ini dapat mengurangi resiko ditipu wedding organizer.

baca juga

Memiliki Kantor

Memiliki Kantor
source: https://id.pinterest.com/tahoeunveiled/

Ketakutan para pasangan calon pengantin saat menyelenggarakan pernikahan beragam, dari mulai kualitasnya kurang bagus sampai aksi penipuan. Untuk itu carilah wedding organizer yang memiliki tempat yang pasti. Sehingga apabila ada masalah yang berkaitan dengan perayaan pernikahan kita dapat melakukan pengaduan dan permintaan tanggung jawab tanpa bingung harus kemana. Wedding organizer yang memiliki tempat juga memiliki kemungkinan lebih kecil melakukan penipuan daripada yang belum jelas.

Lakukan Survei Langsung

Lakukan Survei Langsung
source: https://id.pinterest.com/myweddingdotcom/

Hal yang perlu kita perhatikan saat menemukan wedding organizer yang tepat adalah dengan melakukan survey langsung. Kamu dapat membuat list pertanyaan agar mengetahui seberapa pengalaman wedding organizer dalam mengatasi permasalahan saat menyelenggarakan pernikahan. Lakukan juga survey kepada pihak yang bertanggung jawab untuk wedding organizer tersebut. 

baca juga

Bertemu dengan Pihak Penyewaan Gedung

Bertemu dengan Pihak Penyewaan Gedung
source: https://id.pinterest.com/myweddingdotcom/

Bertemu dengan pihak gedung pernikahan adalah salah satu pihak yang penting kamu temui saat memilih wedding organizer yang tepat. Biasannya pihak gedung mengetahui vendor mana yang menyewa gedung mereka dengan kualitas yang dapat dipercaya. Jadi, jangan segan untuk bertanya ataupun meminta pendapat kepada pihak penyewaan gedung. 

Kunjungi Wedding Exhibition atau Pameran Pernikahan

Kunjungi Wedding Exhibition atau Pameran Pernikahan
source: https://id.pinterest.com/JIHANSHANUM/

Acara pameran pernikahan selalu ada setiap tahunnya.  Di sana kamu dapat memilih dan mencari wedding organizer yang tepat dan dapat dipercaya. Jangan segan untuk bertanya dan mengungkapkan keinginan kamu dalam menyelenggarakan acara pernikahan. Kamu juga dapat melihat bukti kesuksesan acara pernikahan yang mereka selenggarakan dengan portofolio yang mereka berikan. 

Perjanjian Kontrak Kerja

Perjanjian Kontrak Kerja
source: https://id.pinterest.com/emmalovesweddings/

Beautynesian, perlu diperhatikan lagi kalau tanda tangan kontrak saat kita memilih wedding organizer adalah hal yang sangat penting. Belajar dari pengalaman cerita viral yang ditipu wedding organizer kemarin, kedua pasangan tersebut sangat percaya dengan WO yang mereka gunakan, karena pihak wanita mengenal pemilik dari WO ersebut.

Walaupun kita mengenal pihak wedding organizer dengan baik, belum tentu kita tidak akan terkena tipu. Untuk itu melakukan perjanjian kontrak kerja dengan materai sangat diperlukan, agar memudahkan kita saat pihak tersebut menipu kita. 

Hati-hati, Beautynesian. Jangan lupa untuk menggunakan 6 cara di atas agar kamu dapat memilih wedding organizer yang tepat.