Selain jerawat, komedo juga menjadi salah satu musuh terbesar yang kerap dialami wanita. Meski keberadaannya dapat disamarkan dengan makeup, namun tetap saja komedo harus dihilangkan karena dapat mengganggu penampilan. Sebelum membahas tentang bagaimana cara menghilangkan komedo, ada baiknya jika kamu mengetahui tentang apa itu komedo dan apa saja yang menyebabkan komedo muncul.

Ada dua jenis komedo yang sering dialami wanita, yakni komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam adalah di mana pori-pori penuh dengan bakteri dan minyak, sehingga ketika terkena udara akan berubah warna menjadi gelap. Komedo ini muncul karena debu dan kotoran yang menempel pada wajah yang berpori-pori besar.

5 Cara Alami yang Ampuh Menghilangkan Komedo Membandel di Wajah

Sementara komedo putih adalah komedo yang berbentuk tonjolan kecil yang berada di bagian bawah epitel kulit. Jenis komedo ini lebih sulit dihilangkan daripada komedo hitam. Biasanya, komedo putih disebabkan oleh kotoran yang bercampur dengan keringat. Selain mengganggu, komedo jenis ini juga dapat menyebabkan jerawat.

Namun, kamu enggak perlu khawatir jika berhadapan dengan masalah komedo. Karena beberapa cara alami berikut ini dapat menghilangkan komedo membandel di wajah. Apa saja, langsung simak di sini, Ladies!

1. Masker Putih Telur

Putih telur merupakan bahan alami yang sangat efektif digunakan untuk menghilangkan komedo di hidung. Cara membuatnya juga sangat mudah. Siapkan putih telur yang sudah dikocok hingga berbusa dan tisu yang sudah digunting. Kemudian, oleskan kocokan putih telur ke bagian wajah yang berkomedo dan lapisi dengan tisu yang sudah digunting.

Oleskan sekali lagi kocokan putih telur di atas tisu lalu diamkan sampai benar-benar kering (sekitar 30 menit). Setelah itu, cabut tisu yang ditempelkan ke wajah dan bersihkan wajah menggunakan air biasa. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Masker Putih Telur
baca juga

2. Scrub Kopi dan Gula

Selain dapat diminum, kopi dan gula ternyata juga memiliki manfaat yang besar untuk wajah. Yakni untuk membasmi bekas jerawat dan mengangkat komedo membandel di wajah. Cara membuatnya cukup mudah.

Pertama, campurkan kopi dan gula dengan perbandingan 2:1 ke dalam satu wadah. Tambahkan sedikit air lalu aduk sampai adonan membentuk pasta. Gosokkan scrub kopi dan gula tersebut pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan selama kurang lebih satu menit. Setelah itu, basuh wajah dengan air biasa dan rasakan perbedaannya.

2. Scrub Kopi dan Gula

3. Uap Garam

Ada baiknya jika kamu mulai menambah stok persediaan bumbu dapurmu mulai sekarang. Karena selain untuk memasak, beberapa bumbu dapur ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo di wajah. Salah satunya adalah garam.

Langkah pertama, didihkan 1 hingga 1,5 liter air dan pindahkan ke dalam wadah. Larutkan 3 sdm garam ke dalam wadah yang berisi air mendidh. Lalu, posisikan wajah tepat di atas wadah tersebut hingga terkena uap panasnya. Lakukan hal ini sekitar 5-10 menit. Mudah dan murah banget kan, Ladies?

3. Uap Garam
baca juga

4. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya memang tak perlu diragukan lagi. Selain untuk rambut, gel lidah buaya juga ampuh untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Oleskan gel lidah buaya pada wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat dan rasakan perbedaannya.

4. Lidah Buaya

5. Madu dan Kayu manis

Apa jadinya jika madu yang manis rasanya dan kayu manis yang memiliki aroma wangi menjadi satu? Campuran madu dan kayu manis ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo secara alami. Madu memiliki sifat antibakteri alami yang dapat membantu membunuh bakteri kulit penyebab komedo. Sementara madu yang dicampurkan dengan kayu manis dapat menarik keluar komedo yang menyumbat di pori-pori wajah.

Caranya, campurkan 1 sdm madu dengan 1/2 sdt bubuk kayu manis hingga rata. Kemudian oleskan campuran tersebut ke permukaan wajah sambil memberi sentuhan pijatan pada wajah selama beberapa menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. 

5. Madu dan Kayu manis

Nah, itulah beberapa cara alami menghilangkan komedo membandel di wajah. Murah dan mudah banget kan, Ladies?