Gerakan cinta lingkungan memang tengah gencar-gencarnya digalakkan oleh para pegiat atau aktivis pecinta lingkungan. Bahkan, gerakan ini juga telah merambah ke dunia fashion. Salah satu fashion item yang mulai mengikuti gerakan ramah lingkungan adalah sepatu.

Beberapa brand sepatu ini juga telah aktif menggalakkan gerakan cinta lingkungan kepada setiap pelanggannya. Sepatu-sepatu buatan mereka terbuat dari bahan-bahan yang sudah terjamin aman untuk lingkungan. Menariknya, brand-brand ini datang dari kalangan anak bangsa Indonesia sendiri dan bukan brand mancanegara. Apa saja? 

1. Sagasco

1. Sagasco

Sagasco merupakan salah satu brand sepatu lokal yang mengusung tema ramah lingkungan. Berbasis di Semarang, Jawa Tengah, sepatu-sepatu dari Sagasco ini dibuat dari bahan eceng gondok yang sudah terjamin keamanannya untuk lingkungan.

Selain sepatu, produk unggulan yang ditawarkan adalah sandal dan juga whynotes (binder multifungsi yang menggabungkan dompet dan buku jadi satu). Menariknya, produsen sepatu lokal di Jawa Tengah ini digawangi oleh siswa-siswa SMA di salah satu sekolah terbaik kota Semarang. Untuk harga, produk-produk Sagasco dijual dengan harga yang relatif terjangkau, yakni sekitar Rp200 ribuan.

baca juga

2. Pijakbumi

2. Pijakbumi

Nama Pijakbumi mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang. Pijakbumi merupakan salah satu brand sepatu lokal ramah lingkungan yang berbasis di Bandung, Jawa Barat. Sepatu-sepatu di Pijakbumi terbuat dari bahan kulit natural yang disamak dengan ekstrak tumbuhan kenaf.

Tumbuhan kenaf sendiri merupakan tumbuhan daerah tropis yang mengeluarkan oksigen delapan kali lebih banyak dari tumbuhan lainnya. Sehingga kulit sepatu tidak menghasilkan limbah yang berbahaya untuk lingkungan. 

Sepatu-sepatu buatan Pijakbumi juga terhitung fashionable. Mulai dari sneakers, boots, sandal hingga mules bisa kita temukan di Pijakbumi. Sepatu-sepatu buatan Pijakbumi ini dijual dengan harga yang bervariasi. Mulai dari Rp200 ribuan sampai Rp1 jutaan.

3. CDE

3. CDE

CDE merupakan produsen sneakers yang juga gencar menggalakkan gerakan perubahan lingkungan. Sepatu-sepatu di CDE dibuat dengan bahan-bahan daur ulang yang didesain secara khusus agar dapat terurai dengan mudah. Tak hanya sepatu, packaging sepatu-sepatu di CDE juga terbuat dari bahan daur ulang yang dapat diuraikan dengan mudah. Sepatu ramah lingkungan buatan CDE ini dijual mulai dari harga Rp200 - Rp300 ribuan saja. Cukup terjangkau, bukan?

baca juga

4. Paul Solemates

4. Paul Solemates

Terakhir adalah Paulsolemate, produsen sepatu kulit di Garut, Jawa Barat. Berbagai jenis sepatu kulit mulai dari pantofel, boots, oxford, moccasin hingga wedges bisa kita temui di Paul Solemates. Selain menggunakan bahan kulit, sol dari sepatu yang bergaya parlente ini juga menggunakan poly rubber yang ramah lingkungan. Sepatu-sepatu kulit dari Paul Solemates dijual mulai harga Rp400 ribuan.