Rekomendasi Buah dan Sayur untuk Mengatasi Mata Minus

Tentu tidak ada yang menginginkan mata minus. Ya, dampaknya akan sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan ini juga tidak kenal usia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa, bisa mengalaminya. Salah satu anak public figure yang terkena mata minus adalah Gempita, putri kecil Gisella Anastasia dan Gading Martin. Gempi sudah terkena mata minus di usianya yang masih 4 tahun. Nah, untuk itu, rekomendasi buah dan sayur di bawah ini bisa dikonsumsi untuk mengatasi dan mencegah mata minus.

Ubi Jalar


Ubi Jalar
source: https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/health-benefits-sweet-potato

Buah dan sayur pertama yang baik dikonsumsi guna mengatasi mata minus adalah ubi jalar. Kandungan betakaroten yang tinggi di dalam ubi jalar akan membantu penglihatan malam hari karena membuat kemampuan mata dapat menyesuaikan diri dengan kegelapan. Selain itu, ubi jalar juga mempunyai setengah vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari.

baca juga

Brokoli dan Kubis Brussel


Brokoli dan Kubis Brussel
source: https://www.swamedium.com/2017/07/30/brokoli-dan-bunga-kol-bisa-atasi-kanker-kulit/

Selanjutnya, ada sayur brokoli dan kubis brussel. Kedua sayur ini sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata karena dilengkapi dengan kombinasi nutrisi-nutrisi unggulan lain seperti Vitamin A seperti zeaxanthin, lutein, vitamin E, vitamin C dan juga beta-karoten. Seperti yang diketahui semua nutrisi tersebut merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel di mata dari radikal bebas.

Wortel


Wortel
source: https://www.splendidtable.org/recipes/carrot-schnitzel

Wortel memang sudah sangat umum diketahui dapat menyembuhkan mata minus. Kandungan vitamin A pada wortel memang sangat dibutuhkan agar mata tetap segar, cerah dan terhindar dari mata minus.

baca juga

Jeruk


Jeruk
source: https://www.istockphoto.com/au/photos/orange-fruit?assettype=image&sort=mostpopular&mediatype=photography&phrase=orange%20fruit

Buah yang kaya akan vitamin C ini juga ampuh lho untuk membuat penglihatan mata tetap cerah. Ya, kandungan vitamin C itu juga lah yang akan meningkatkan kesehatan jaringan mata sehingga tetap sehat dan terjaga. Bahkan, kandungan vitamin C pada jeruk ini dapat merak mencegah perkembangan penyakit katarak.

Buah Naga


Buah Naga
source: https://tipbuzz.com/how-to-cut-dragon-fruit/

Buah yang masih satu keluarga dengan tumbuhan kaktus ini juga cocok dikonsumsi guna mencegah dan mengatasi mata minus. Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah ini dapat melindungi kornea mata sekaligus menyehatkan mata.

Srikaya


Srikaya
source: https://hanginggardensofbali.com/exotic-fruits-from-our-own-gardens/

Buah dengan rasa manis dan bertekstur lembut ini juga bisa menyehatkan mata sehingga terhindar dari mata minus. Adanya kandungan Vitamin B, C dan Kalium di dalam srikaya membuat buah ini begitu menyehatkan bagi mata. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah ini bisa mengurangi kelebihan cairan penyebab mata bengkak di bawah mata.

Parprika Merah


Parprika Merah
source: https://glitzmedia.co/post/wellness/health-body/temui-perbedaan-antara-paprika-hijau-kuning-dan-merah

Nah, siapa sangka, ternyata paprika merah juga bisa lho dikonsumsi untuk mengatasi mata minus. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya akan menyehatkan pembuluh darah yang ada di mata.

Nangka


Nangka
source: https://foodrevolution.org/blog/what-is-jackfruit/

Buah yang memiliki getah ini juga kaya akan vitamin C sehingga turut serta baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi mata minus. Hal ini diperkuat dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa diet yang diperkaya dengan kandungan vitamin C, bisa mengurangi risiko terjadinya katarak.

Sayuran Hijau


Sayuran Hijau
source: https://balanceblog.bistromd.com/health/healthy-eating/15-tasty-green-vegetables-that-are-great-for-your-health/

Nah, satu lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah sayuran hijau. Misalnya saja seperti bayam, kale, sayuran collard dan lain sebagainya yang kaya akan vitamin E dan C selain itu, sayuran hijau juga mempunyai kandungan zeaxanthin dan  lutein karotenoid yang menjadi bentuk vitamin A. Kandungan inilah yang bisa menurunkan risiko penyakit mata untuk jangka panjang.