Susunan Akad Nikah

Susunan Akad Nikah
source: https://www.hipwee.com/wedding/inilah-prosedur-undang-penghulu-untuk-proses-akad-nikah-di-luar-kua-mulai-dari-dokumen-yang-diurus-hingga-biayanya/
Akad nikah merupakan kunci dari sebuah pernikahan, atau bisa di bilang upacara keagamaan yang menyatukan dua mempelai dalam sebuah ikatan pernikahan atau ijab kobul. Berjanji sehidup semati di hadapan tuhan menjadi sepasang suami istri secara sah. Umumnya, akad nikah dilakukan secara sakral. Berikut beberapa susunan akad nikah yang bisa jadi referensi untuk mengatur pernikahan impian bersama pasangan:
  1. Pembukaan. Acara akan dimulai dengan pembacaan bismillah yang akan dipandu oleh pembawa acara, agar acara lancar sampai selesai
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran. Pembacaan ayat suci al-quran, pihak keluarga biasanya akan mengundang pihak keluarga atau orang terdekat untuk membacakannya.
  3. Khotbah Nikah. Khotbah nikah dilakukan untuk membuka dan sedikit berbagi ilmu tentang bagaimana hal-hal yang seharusnya dilakukan pasangan setelah resmi menikah.
  4. Ijab Kabul. Inilah klimaks dari sebuah pernikahan ijab kabul, orang tua wali mempelai wanita akan menikahkan putrinya kepada mempelai pria secara saha dihadapan tuhan.
  5. Doa Nikah. Setelah ijab kabul, doa nikah dilakukan oleh penghulu, atau orang yang khusus ditunjuk untuk membacakan doa.
  6. Penandatanganan Buku Nikah. Setelah sah sebagai suami istri, kedua mempelai menandatangani dokumen pernikahan. Salah satunya buku nikah dengan begini kedua mempelai dinilai sah secara hukum.
  7. Serah Terima Mahar. Setelah selesai dengan dokumen-dokumen dan pembacaan doa, mempelai pria menyerahkan mahar dan mas kawin kepada pihak perempuan. Mahar biasanya berupa nominal uang atau seprangkat alat sholat dan diserahkan secara simbolis.
  8. Tukar Cincin. Kedua mempelai akan memasangkan cincin di jari manis pasangannya masing-masing.
  9. Nasihat Pernikahan. Nasihat pernikahan akan di berikan kepada kedua mempelai, agar mereka tahu hak dan kewajiban sebagai pasangan suami istri. Kedua mempelai akan tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh masing-masing.
  10. Penutup. Acara penutup, akan dilakukan oleh pemuka agama.

Susunan acara resepsi pernikahan

Susunan acara resepsi pernikahan
source: https://www.finansialku.com/balik-modal-setelah-resepsi-pernikahan/
Setelah proses akad nikah selesai, resepsi pernikahan akan digelar. Biasanya ada yang secara bersamaan dilakukan dengan akad nikah, adapula yang digelar di lain hari dengan tenggat waktu yang tidak terlalu jauh. Inilah beberapa susunan acara resepsi yang secara umum biasa dilakukan oleh pasangan yang akan menikah:
  1. Pembukaan. Pembukaan akan dilakukan oleh pembawa acara dengan menyambut beberapa tamu dengan ucapan dan sambutan yang hangat.
  2. Sambutan Kedua Mempelai. Kedua pengantin akan dipersilahkan memasuki area resepsi, dan diberi sambutan oleh si pembawa acara
  3. Ucapan Selamat Pada Mempelai. Memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai dan mempersilahkan para tamu untuk menyalami di atas pelaminan.
  4. Tamu Dipersilahkan Menikmati Hidangan. Para tamu undangan akan di arahkan untuk menikmati hidangan yang sudah disajikan.
  5. Special Performance. Para tamu akan di hibur dengan special performance dari bintang tamu yang diundang oleh kedua mempelai.
  6. Foto Bersama. Satu hal yang tidak pernah terlewatkan dalam sebuah acara adalah foto bersama. Para tamu dan kerabat dekat akan di arahkan untuk foto bersama sesua permintaan kedua mempelai.
  7. Penutup. Setelah acara selesai di gelar, pembawa acara akan menutup resepsi pernikahan ini dengan di akhri ucapa selamat dan doa untuk kebaikan kedua mempelai.

 
Itu dia beberapa susunan acara akad nikah dan resepsi pernikahan yang pada umumnya sudah bisa dilakukan oleh orang Indonesia. Bagaimana Ladies, apakah sudah siap untuk segala sesuatu yang akan direncanakan? Semoga lancar sampai hari H, ya!