Tari Yapong


Tari Yapong
source: https://www.kamerabudaya.com/2017/10/tari-yapong-tarian-tradisional-dari-betawi-jakarta.html

Tradisi unik Betawi yang pertama adalah tari Yapong. Tidak seperti tarian pada umumnya, tari Yapong awalnya tidak diciptakan untuk tarian pergaulan melainkan menjadi tari pertunjukan. Sejarah penyebutan Tari Yapong memiliki kemiripan nama dengan tari jaipong yang berasal dari Jawa Barat. Berdasarkan asal-usul keduanya mempunyai perbedaan yang signifikan. Dipentaskan sebagai bentuk tari pergaulan untuk mengisi acara. Dalam tarian ini juga terdapat beragam variasi sehingga sangat menghibur ketika dipentaskan.
 
Ternyata tarian ini baru diciptakan pada 1977. Ya,  jelas berbeda dengan tarian daerah pada umumnya yang sudah secara turun temurun diwariskan dan berusia hingga ratusan tahun. Tari Yapong dipersiapkan sebagai tari pertunjukan untuk memeriahkan ulang tahun Ibu Kota Jakarta yang ke 450 tahun.

Palang Pintu


Palang Pintu
source: https://www.pelestaribudaya.com/2017/09/palang-pintu-betawi-murah-dan-lucu-jabodetabek.html

Tradisi Betawi unik yang kedua adalah palang pintu. Tradisi ini memiliki arti  menyingkirkan penghalang yang ada pada seseorang agar bisa diterima di suatu daerah. Palang pintu biasanya digunakan pada acara perkawinan maupun acara umum saat menyambut tamu khusus. Ketika digunakan untuk acara perkawinan biasanya tradisi ini kan lebih bertujuan untuk menguji ilmu dari laki-laki agar berani mempersunting mempelai perempuan.
 
Adapun alat-alat yang dibawa dalam acara palang pintu adalah kembang kelapa dan berbagai alat atraksi silat seperti golok. Untuk tim pengiringnya akan membawa rebana kecimpring. 
Dari segi kostum tradisi palang pintu menggunakan pakaian yaitu sadariah atau baju koko dengan celana kolor panjang serta baju ujung serong untuk berapa orang palang pintu.

baca juga

Ondel-Ondel


Ondel-Ondel
source: http://poskotanews.com/2018/12/15/persija-akan-disambut-ondel-ondel-dan-marching-band/

Tradisi yang satu ini tentu sangat familiar di telinga masyarakat di seantero nusantara. Lebih familiar lagi karena adanya lagu ondel-ondel oleh Benyamin. S. Ondel-ondel sendiri merupakan boneka raksasa yang sangat khas dari Betawi. Biasanya boneka ondel-ondel akan dijadikan pertunjukan pesta rakyat Betawi.

Bahan yang digunakan untuk membuat boneka ini adalah bambu yang dianyam sedemikian rupa dan diberikan cat warna biru ataupun merah di bagian wajah. Warna biru melambangkan ondel-ondel laki-laki Sedangkan untuk warna merah melambangkan ondel-ondel perempuan.

Lenong


Lenong
source: https://pingpoint.co.id/berita/satpel-upppsb-jakarta-barat-gelar-latihan-lenong-denes/

Selanjutnya ada lenong yang menjadi kesenian teater tradisional khas dari Betawi. Berbeda dengan kesenian teater lainnya,  jumlah pemain teater tidak akan lebih dari 10 orang. Bahasa yang digunakan ketika dialog di atas pentas adalah bahasa Betawi. Serunya lagi akan ada adu pantun di atas pentas sehingga keseruan akan sangat terasa. Adapun iringan dalam pertunjukan lenong berasal dari alat musik gambang kromong.

baca juga

Tari Cokek


Tari Cokek
source: http://www.sutrisnobudiharto.net/2015/03/tari-cokek-versi-betawi.html

Dilihat dari namanya saja sudah diketahui bahwa tari ini begitu unik. Ya, tari Cokek ini adalah tarian tradisional budaya Betawi tempo dulu. Gerakan yang ditunjukkan dalam tarian ini ialah tangan dan pinggul yang bergoyang seirama. Pakan kenari juga sering memainkan selendangnya hingga semakin memukau penonton yang hadir. Pengiring tarian Cokek ini sama dengan Lenong, yaitu alat musik gambang kromong.

Tanjidor


Tanjidor
source: https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tanjidor-riwayat-musik-eropa-yang-melegenda-di-jakarta

Kesenian ini menjadi pelengkap dari penampilan ondel-ondel. Biasanya Tanjidor adalah pengiring ondel-ondel. Tanjidor sendiri merupakan orkes khas Betawi yang dipertunjukkan ketika mengantar pengantin maupun pesta rakyat. Terdapat beberapa instrumen di dalam orkes Tanjidor di antaranya seperti saksofon tenor, klarinet, drum dan lainnya.

Silat Bekasi


Silat Bekasi
source: https://www.youtube.com/watch?v=xqQ2lLRTVSo

Tidak lengkap rasanya membahas kebudayaan Betawi tanpa memasukkan bela diri yang tidak lain adalah silat. Silat betawi ini untuk pertama kalinya dikembangkan oleh masyarakat yang berada di daerah Kampung Dadap, Tangerang. Baju yang digunakan oleh pesilat disebut dengan pangsi yakni baju longgar khas dari Betawi berpadu celana hitam menggantung di atas mata kaki. 

Selain itu kain sarung kotak-kotak juga disematkan pada leher dan tidak lupa peci hitam atau merah sebagai penutup kepala. Untuk menambah unsur khas keseniannya,  biasanya para pesilat akan menambahkan atribut seperti cincin batu akik, golok dibagian pinggang, sabuk hijau dan juga sendal kulit.

Silat Bekasi

Bicara soal tradisi Betawi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Transmedia akan menggelar 'Jakarta Muharram Festival 2019' pada 31 Agustus 2019 nanti, tepatnya di 1 Muharram. Acara ini dimeriahkan oleh abang none Jakarta. Selain itu, ada juga kegiatan lainnya yang mengangkat kebudayaan khas Betawi, seperti Tari Topeng Betawi, Palang Pintu Betawi, hingga lenong dan pantun.

Di acara yang bertempat di Bundaran Hotel Indonesia itu juga mengajak para milenial menggelar pawai obor. Selain adanya pawai obor, Pemprov DKI juga menyiapkan berbagai kegiatan lainnya yang akan menyinari Jakarta di malam hari. Salah satunya, pertunjukan Water Screen Projection Laser di air mancur Bunderan HI serta 3D Project Mapping Building yang mampu menarik perhatian pengunjung pada gelaran HUT DKI lalu.

Suasana akan semakin hangat dan meriah karena pengunjung akan ditemani host yang atraktif seperti Arie Untung, Fenita Arie, Irfan Hakim Fadli, Chacha Federica, Terry Putri, Shara dan Natasha Rizky. Jakarta Muharram Festival ini juga bisa disaksikan melalui live streaming di portal detikcom pada pukul 17.00 WIB. Saksikan juga kemeriahan menyambut 1 Muharram 1440 Hijirah ini secara on air di Trans TV pukul 20.00 WIB