Pernikahan merupakan momen sekali seumur hidup yang akan kamu rayakan bersama keluarga, teman dan tentu pasanganmu. Oleh karenanya, kamu akan memaksimalkan segala persiapan dan penampilanmu di acara tersebut. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah gaun pengantin. 

Kamu pasti ingin terlihat berbeda daripada sebelumnya kan dan gaun pengantin yang sempurna akan membuat tampilanmu disanjung banyak orang. Berhubung kita memiliki bentuk tubuh yang berbeda, maka sebaiknya kamu memakai gaun pengantin yang sesuai dengan bentuk tubuhmu. Melansir dari thetrendspotter.net, berikut  tips memilih gaun pernikahan sesuai bentuk tubuh. 

Cara Memilih Model dan Jenis Gaun Pernikahan Sesuai Bentuk Tubuh
source: https://www.instagram.com/p/B1gGn4xFFil/

Petite Body Type

Jika kamu pemilik tubuh mungil, hindarilah gaun yang terlalu detail. Memilih gaun yang sederhana, gaun yang pas di badan atau rok yang terlalu besar dan menjuntai akan membuatmu tenggelam dalam gaunmu. Sebaiknya pilihlah gaun dengan gaya terompet atau gaun dengan detail di bagian pinggang yang akan memberi ilusi tinggi pada tubuhmu. 

Petite Body Type
baca juga

Plus Size Body Type

Bagi kamu pemilik tubuh besar, kamu bisa memilih salah satu cara dari dua hal berikut. Menonjolkan dan memamerkan lekuk tubuhmu, atau memilih gaun yang menciptakan efek langsing. Beberapa model gaun pengantin yang cocok bagi pemilik tubuh besar adalah gaun dengan gaya asimetric atau gaun dengan ruching dan tali pinggang. Cobalah untuk memberi detail di bagian atas misalnya garis leher V agar para tamu terfokus pada bagian atas gaunmu. 

Plus Size Body Type

Top Heavy Body Type

Jika kamu memiliki ukuran payudara yang cukup besar, maka kunci untuk menemukan gaun pengantin yan tepat adalah dengan memilih garis leher yang benar. Pilihlah gaun dengan garis leher sederhana atau gaun dengan model sweetheart neckline. Hindari gaun yang memiliki tali pengikat untuk memberi efek kurus. Untuk mengecoh perhatian, kamu bisa memilih gaun yang memiliki detail misalnya overlay renda agar perhatian enggak selalu tertuju pada payudaramu.

Top Heavy Body Type
baca juga

Small Bust Body Type

Jika kamu memiliki payudara yang kecil, maka pilih gaun dengan garis leher terjun (plunging neckline) atau jewel neckline  dan jauhi gaun yang berbentuk sweetheart neckline. Gaun-gaun ini akan berguna untuk menyamarkan bentuk payudara kecilmu. 

Small Bust Body Type

Pear -Shape Body Type

Wanita dengan bentuk tubuh pir akan sangat cantik dengan model  gaun A-line atau mengecilkan lekuk tubuh dalam gaun Yunani yang disampirkan. Saat memilih gaun untuk bentuk tubuh pir, hindari gaun yang menonjolkan bagian bawah seperti gaun putri duyung yang berjenjang dan cobalah menyamarkan bagian perut.

 

Pear -Shape Body Type

Apple Shape Body Type

Tips untuk memilih gaun untuk tipe tubuh ini adalah dengan memilih gaun yang memiliki bahan lebih kokoh seperti taffeta atau satin. Usahakan juga gaun yang kamu pilih lebih  menonjolkan tubuh bagian atas dan menyamarkan area yang lebih rendah. Gaun yang sempurna untuk tipe tubuh ini adalah empire waist dress.

Apple Shape Body Type

Hourglass Body Type

Bentuk tubuh ini adalah yang paling dicari. Jika kamu memiliki tipe tubuh ini, kamu bisa memilih gaun yang menonjolkan pinggang kecilmu seperti gaun model putri duyung. Model gaun lainnya yang akan sangat cocok dengan tipe tubuh ini adalah gaun korset dan model gaun dengan detail pinggang yang jatuh. Meski demikian, pemilik bentuk tubuh ini hampir cocok dengan segala model gaun. 

Hourglass Body Type

Slim & Straight Body Type

Untuk tubuh langsing dan lurus, buat ilusi lekuk tubuh dengan memilih gaun seperti gaun pesta yang biasanya dilengkapi korset dan rok lengkap atau gaun pelindung. Gaun dengan contouring atau bordir strategis juga akan lebih bagus dengan bentuk tubuh ini.

Slim & Straight Body Type

So, apakah kamu sudah mengetahui bentuk tubuhmu dan sudah punya gambaran gaun apa yang akan cocok kamu kenakan di hari pernikahanmu, Beautynesian?