1.Istirahat yang Cukup

Terlalu lelah dan banyak pikiran dapat menimbulkan stress yang berpengaruh terhadap siklus menstruasi seorang wanita. Oleh sebab itu, kamu wajib memanage waktu dengan baik. Usahakan tidur tepat waktu tidak lebih dari jam 10 malam agar kembali fresh pada esok hari. Serta menghindari hal-hal negatif yang membuat pikiran suntuk dan stres.
1.Istirahat yang Cukup
source: https://www.instagram.com/therealdisastr/

2.Berlatih Yoga

Berdasarkan penelitian The Journal of Alternative and Complementary Medicine yang dikutip hellosehat.com menemukan beberapa fakta bahwa olahraga Yoga dapat mengatasi menstruasi tidak teratur. Berlatih Yoga juga ampuh menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi. Nah, dalam hal ini kamu tidak perlu repot latihan Yoga secara khusus, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bantuan video di youtube lho. Mudah bukan?
2.Berlatih Yoga
source: https://www.instagram.com/sandradewi88/
baca juga

3.Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan ideal memberi banyak keuntungan bagi pemiliknya. Selain tampak lebih menarik, bugar, dan dapat mencegah menstruasi tidak teratur bagi wanita. Tentu saja ada kiat-kiat khusus untuk mewujudkan berat badan ideal, seperti konsisten dalam hal menjaga pola makan sehat dan rajin olahraga minimal dua kali dalam seminggu.
3.Menjaga Berat Badan Ideal
source: https://www.instagram.com/lunamaya/

4.Mengganti Alat Kontrasepsi

Ternyata, pemakaian alat kontrasepsi pada wanita itu juga cocok-cocokan lho. Buktinya, banyak wanita yang mengeluh menstruasi tidak teratur setelah mengonsumsi pil KB, suktik KB, dan IUD. Jika hal tersebut juga terjadi pada kamu, segera konsultasikan ke dokter ya Ladies agar dibantu menemukan alat kontrasepsi yang cocok dan minim efek samping demi kesehatan.
 
4.Mengganti Alat Kontrasepsi
source: https://www.instagram.com/amway/
baca juga

5.Terapi Hormon

Terapi hormon biasanya dilakukan untuk melancarkan menstruasi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Caranya, dengan memberi obat hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu sesuai anjuran dokter pastinya.
5.Terapi Hormon
source: https://www.instagram.com/amway/

6.Mengonsumsi Vitamin D

Selain dapat memperkuat tulang, Vitamin D juga bisa membantu mengatur ovulasi agar terjadi secara teratur. Vitamin D ini terkandung dalam bahan makanan dan minuman seperti ikan salmon, ikan tuna, produk olahan susu serta sereal. Cara yang lebih simple untuk mendapat vitamin D yaitu berjemur di pagi hari saat matahari mulai terbit.
6.Mengonsumsi Vitamin D
source: https://www.instagram.com/amway/

Nah, tips sederhana di atas dapat kamu terapkan agar menstruasi kembali teratur. Semoga bermanfaat.