Kalau kamu termasuk suka makeup, pasti kamu sudah tidak asing dengan beauty blender. Memiliki fungsi untuk meratakan foundation atau sekedar membaurkan bedak tabur pada wajah, spons ini sangat digemari dan menjadi salah satu item saat mengaplikasikan makeup. Bentuknya yang bulat menyerupai telur, memudahkan makeup terlihat mulus ketika di-blend pada wajah.

Buat kamu yang sering pakai beauty blender, kamu perlu tahu beberapa hal penting seperti cara membersihkan, menyimpan, memakainya dengan tepat. Agar tidak salah, yuk simak beberapa informasi di bawah ini sekarang!

1. Harus dibersihkan dengan benar

1. Harus dibersihkan dengan benar
source: https://kawaiibeautyjapan.com/article/4397/10-kesalahan-cara-menggunakan-beauty-blender-yang-harus-segera-kamu-hentikan

Berapa kali dalam seminggu kamu membersihkan beauty blender? Jangan-jangan, kamu malah belum pernah membersihkannya. Nah, jangan biarkan kemalasanmu itu membuatmu tidak perlu membersihkan beauty blender ya, Ladies.

Idealnya, beauty blender hanya boleh di pakai satu kali. Maksudnya, setelah penggunaan, sebaiknya kamu langsung mencuci beauty blender sebelum digunakan kembali. Tujuannya adalah untuk meminimalkan debu dan bakteri yang menempel pada beauty blender.

Cara membersihkannya pun sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan shampoo bayi, atau gunakan facial foam untuk membersihkan sisa makeup pada spons. Setelah bersih dan kering, simpan saja di tempat khusus agar sudah bersih untuk digunakan lain waktu.

baca juga

2. Cara penyimpanan

2. Cara penyimpanan
source: https://editorial.femaledaily.com/blog/2019/06/18/cara-merawat-beauty-sponge/

Jika kamu sering menyimpan beauty blender dalam keadaan basah tanpa adanya ventilalsi udara, sebaiknya kamu segera hentikan kebiasaan ini, Ladies. Beauty blender yang disimpan dalam keadaan basah akan menimbulkan bau tidak sedap ketika dipakai dan mengundang bakreri bersarang pada spons.

Sebaiknya, keringkanlah terlebih dahulu beauty blender yang masih basah sebelum disimpan. Pilihlah wadah yang memiliki ventilasi udara, agar spons tidak jadi lembap. Satu lagi, beauty blender tidak dianjurkan untuk disimpan bersamaan dengan alat makeup lain, Ladies. Jadi, siapkan tempat khusus untuk menyimpannya, ya.

3. Kesalahan pemakaian

3. Kesalahan pemakaian
source: https://kawaiibeautyjapan.com/article/4821/perlu-tahu-11-cara-menggunakan-beauty-blender-ini-salah

tKalau kamu masih sering merasa belum maksimal ketika menggunakan produk hits ini, mungkin kamu menerapkan cara pemakaian yang kurang tepat. Penggunaan beauty blender bukan dengan cara diputar atau diusap, melainkan ditekan-tekan lembut pada kulit hingga produk makeup menyatu dengan baik. Penggunaan beauty blender yang dibasahi terlebih dulu disarankan untuk hasil makeup yang lebih sempurna.

baca juga

4. Multifungsi

4. Multifungsi
source: https://www.popbela.com/beauty/make-up/jennifer-a-tanjung/manfaat-lain-beauty-blender

Sebenarnya, beauty blender tidak hanya dipakai untuk foundation atau BB Cream saja. Penggunaan blush, contour dan high light pun bisa diaplikasikan dengan beauty blender. Pilih saja ukuran beauty blender yang tepat sesuai makeup yang kamu pakai.

5. Rutin diganti

5. Rutin diganti
source: https://www.qupas.id/daily/4-cara-mencuci-beauty-blender-biar-awet-dipakai-berkali-kali

Meskipun sering dicuci dan selalu dipakai dalam keadaan bersih, beauty blender juga memiliki masa kadaluarsa, Ladies. Jangka waktu pemakaian beauty blender yang baik sebenarnya adalah 3 - 5 bulan saja. Jika sudah melebihi masa waktu tersebut, sebaiknya kamu segera membeli beauty blender baru.

Apalagi jika beauty blender yang kamu punya saat ini sering dipakai. Jangan sampai kamu malas untuk menggantinya dengan yang baru, ya. Selain karena tekstur spons yang rusak, penggantian beauty blender secara rutin juga diperlukan karena pengaplikasian makeup pada wajah tidak akan maksimal.