Kopi, jadi salah satu komoditas yang beberapa tahun terakhir ini populer. Fenomena menjamurnya kedai kopi bisa kita lihat terutama di kota-kota besar. Beberapa waktu lalu, penelitian SurveyMonkey dari perusahaan aplikasi investasi Acorns merilis hasil penelitian bahwa setengah dari generasi millennial lebih banyak menghabiskan uangnya untuk membeli kopi daripada menabung. Sebanyak 44% perempuan berusia 18-35 tahun menghabiskan uangnya untuk minum kopi, sedangkan laki-laki 10% lebih sedikit presentasenya.

Sekarang ini kopi sudah berkembang jadi kebutuhan yang penting, bukan hanya untuk hobi, tapi juga gengsi. Tak heran, saat akhir pekan kita sering melihat kedai kopi dipenuhi anak-anak muda hingga orang tua yang ingin melepas penat sekalian hang out, sesederhana itu memang kopi bisa menyatukan banyak orang. Nah, di Jakarta, ada banyak kedai kopi yang tersedia. Tapi tak semuanya Instagrammable. Temukan coffees shop di Jakarta yang Instagrammable di sini, ya!

Satu Arah Brew Point

Satu Arah Brew Point
source: https://www.instagram.com/satuarah.brewpoint/

Coffee shop dengan interior dominan putih ini berada di Jalan Kemanggisan Raya Nomor 102, Jakarta Barat. Dengan desain ruangan yang minimalis dan simple, coffee shop ini bisa bikin mood kamu membaik, apalagi ditemani secangkir kopi dan makanan yang tersedia di sini.

ak hanya menyediakan camilan seperti roti bakar, ubi goreng, dan cireng, kalian juga bisa menikmati makanan berat seperti spaghetti, katsudon, bahkan nasi kulit. Jadi, enggak perlu khawatir bakal kelaparan saat hang out di kedai kopi ini.

Mau sekedar nongkrong dan santai sambil minum kopi bisa kalian lakukan di sini. Kamu bisa datang sendiri untuk menikmati waktu me time, atau datang ramai-ramai. Di sini, kalian juga bisa lho sambil foto ala-ala, karena tempatnya instagrammable banget.

Coffee shop ini buka tiap hari lho, Beautynesian. Senin hingga Jumat dari jam 11 pagi sampai 12 malam. Untuk Sabtu dan Minggu buka lebih pagi jam 9 pagi sampai 12 malam.
 

baca juga

Java Soul Coffee

Java Soul Coffee
source: https://www.instagram.com/javasoul.coffee/

Tempat yang cozy dan fancy ini menawarkan menu delicious coffee. Java Soul Coffee, berada di Jalan Kemang Timur Raya Nomor 50 E, Jakarta Selatan. Kedai kopi ini punya variasi kopi yang cukup lengkap lho, mulai dari espresso, macchiato, piccolo, cappuccino, latte, flat white, dan masih banyak lagi.

Jangan khawatir, buat kalian yang enggak bisa minum kopi, di sini juga tersedia minuman alternatif teh seperti green tea, white tea, breakfast tea, ice lychee tea, dan lainnya. Range harga minuman di sini berkisar antara Rp15 ribu sampai Rp50 ribu. Jadi sesuaikan saja dengan isi dompet dan selera kalian.

Coffee shop ini tutup setiap Senin, jadi pastikan kalian ingat hari dengan benar. Selain hari Senin, kedai kopi ini buka dari jam 8 pagi sampai 10 malam. Kalau kalian mau ngopi pagi-pagi, bisa nih mampir ke sini dulu buat dibawa ke kantor atau kampus.
 

Koffie Nation

Koffie Nation
source: https://www.instagram.com/koffienation/

Mengangkat Coffee, Eat, and Courses, coffee shop ini seperti paket lengkap. Tak hanya menyediakan tempat untuk menikmati kopi dan makan, tapi juga untuk kursus untuk menjadi barista. Kalau kalian tertarik untuk membuat kopi sendiri atau ingin jadi barista, bisa lho ikutan kursus di sini.

Tempatnya memang tidak terlalu luas, tapi sangat nyaman. Kamu bisa menghabiskan waktu di sini, untuk sekedar melepas penat atau nongkrong bersama teman-teman. Berada di Epicentrum walk, Lantai GF, Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, kedai kopi ini buka dari hari Minggu hingga Jumat jam 8 pagi sampai 9 malam, Sabtu jam 10 pagi sampai 10 malam, dan tutup di hari Minggu.

baca juga

Goat Coffee Roasters

Goat Coffee Roasters
source: https://www.instagram.com/goatcoffeeroaster/

Punya tempat yang simple, estetik, dan elegan, Goat Coffee Roaster ada di Jalan benda Nomor 10, Kemang. Coffee shop ini juga cocok lho buat kalian yang lagi cari inspirasi buat ngerjain tugas dan project, selain adem dan cozy, kopi dan makanan di sini dijamin bisa memanjakan lidah kalian.

Jangan khawatir, Goat Coffee Roaster buka setiap hari kok, dari jam 7 pagi sampai 10 malam, kurang apalagi coba? Buruan ke sini, mau sarapan, makan siang, bahkan makan malam, mereka siap memberikan service terbaiknya buat kalian.

Tak hanya itu, Goat Coffe juga punya Roasting Studi lho, ada di Jalan Caringin Utara Kav. 32 A, Terogong. Bahkan kalian juga bisa membeli kopi di e-commerce Tokopedia Goat Coffee, jadi kalian bisa membuatnya sendiri di rumah.  
 

First Crack Coffee

First Crack Coffee
source: https://www.instagram.com/firstcrck/

First Crack Coffee atau yang dikenal dengan First Crack Coffee Academy jadi coffee shop selanjutnya yang wajib kalian kunjungi. Selain sudah mempunyai beberapa shop, kopi di sini juga didatangkan dari petani asli Indonesia, seperti: Gayo Aceh, Sumatera Utara, Papua, Toraja, dan masih banyak lagi.

Selain punya tempat roasting sendiri, kalian juga bisa memperoleh pengalaman baru dengan mengikuti kelas perkenalan kopi, kelas sensory atau identifikasi rasa, kelas brewing atau seduh kopi, dan kelas barista. Tak hanya menyediakan kopi, seperti kedai lainnya First Crack juga menyediakan makanan kok, dari mulai makanan ringan hingga berat.

Kalian bisa menemukan coffee shop ini di beberapa lokasi, yakni:

  1. acific Century Place, Jalan Jenderal Sudirman, SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Senin-Jumat: 7 pagi – 7 malam).
  2. Altira Business Park, Blok B 12 – 15 Jalan Yos Sudarso, Sunter, Jakarta Utara (Senin-Kamis: 8 pagi – 9 malam, Jumat-Minggu: 8 pagi – 10 malam).
  3. Jalan Pluit Indah No. 31, Pluit, Jakarta 14450 (Senin-Minggu: 8 pagi – 8 malam).
  4. Jalan Bumi No. 10, Blok M, Jakarta 12120 (Senin-Kamis: 7 pagi – 10 malam, Jumat-Sabtu: 7 pagi – 12 malam).