Ladies, masalah mata kering memang bisa dirasakan oleh siapa saja. Terutama untuk orang-orang yang sering menatap komputer terlalu lama, atau sering menghabiskan waktu di luar ruangan. Namun apakah penyebab mata kering hanya itu saja? Lalu bagaimana cara mengatasi mata kering jika gejala yang dialami sudah cukup parah seperti muncul rasa terbakar hingga gatal yang menyengat. 

Jangan khawatir Ladies, berikut rangkuman Beautynesia tentang penyebab dan cara mengatasi mata kering. Yuk simak!

1. Mata Kering Akibat Proses Penuaan

1. Mata Kering Akibat Proses Penuaan

Penyebab mata kering yang pertama adalah faktor usia. Menurut penelitian, 30% orang di dunia, yang sudah berusia 50 tahun keatas sudah pasti memiliki mata kering. Hal ini bisa terjadi karena produksi air mata semakin menurun seiring bertambahnya usia. Kemudian, bagian kelopak mata juga menjadi kurang sensitive untuk meratakan air ke seluruh mata bagi orang-orang lanjut usia. 

Cara mengatasi mata kering pada fase ini adalah bisa dengan menggunakan obat tetes mata atau air mata buatan. Kedua cairan ini bisa kamu temukan dengan mudah di apotik. Atau biasanya sesuai dengan resep dokter supaya penggunaannya lebih terjadwal. 

baca juga

2. Memiliki Penyakit Autoimun

2. Memiliki Penyakit Autoimun

Autoimun ialah sebuah gangguan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh, sehingga menyerang pada jaringan tubuh itu sendiri. Nah, salah satu jaringan tubuh yang diserang adalah kelenjar air mata serta air liur. Seseorang yang memiliki penyakit autoimun ini memang dikatakan lebih mudah mengalami mata kering, dibanding orang normal pada umumnya. 

Untuk mengatasi penyebab mata kering yang satu ini, jalan satu-satunya adalah berkonsultasi langsung ke dokter. Karena jika tidak, efek mata kering yang diderita bisa semakin parah. Sebagai langkah perawatan awal, pastikan untuk sebisa mungkin tidak menggosok-gosokkkan mata pada saat mengalami mata kering. Akan lebih baik jika kamu berkedip saja sesering mungkin ketika sedang melakukan aktivitas yang membutuhkan mata untuk fokus.

3. Wanita yang Sedang Hamil, Minum Pil Atau Sudah Menopause

3. Wanita yang Sedang Hamil, Minum Pil Atau Sudah Menopause

Penyebab selanjutnya adalah karena sedang dalam kondisi hamil, minum pil atau sudah mengalami menopause. Wanita yang sudah menopause tidak mampu menghasilkan kelenjar air mata lebih banyak dibandingkan dulu pada saat belum memasuki masa menopause. Gejala yang sama juga akan dirasakan oleh Ladies yang sedang mengalami perubahan hormone. Jadi, jangan kaget ya, jika tiba-tiba kamu mengalami mata kering yang sangat menggangu. 

Cara mengatasi mata kering pada fase ini cukup mudah. Cukup konsunmsi air putih lebih banyak, serta banyak konsumsi makanan yang kaya akan lemak. Seperti ikan salmon, ikan berlemak, biji rami, kenari dan sebagainya. Tubuh yang terhidrasi serta tercukupi asupan gizinya akan menjaga selaput lendir tetap lembap dan mengatasi mata kering.

baca juga

4. Faktor Lingkungan

4. Faktor Lingkungan

Ladies yang lebih sering menghabiskan waktu di luar kantor, banyak berpergian ke beberapa tempat, cenderung mengalami resiko mata kering lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena mata sering terkena angin, debu, kotoran, tiupan udara panas dan lai-lain. Namun, bagi kamu yang menghabiskan waktu lebih banyak didalam kantor, bukan tidak mungkin mengalami mata kering juga. AC misalnya bisa menyebabkan mata kering, Ladies.

Di fase ini, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan kacamata pada saat akan beraktivitas di luar ruangan. Kamu bisa menggunakan kacamata hitam atau yang memiliki perisai di masing-masing sampingnya untuk menjaga serta memperlambat penguapan air mata. 

5. Kekurangan Vitamin A

5. Kekurangan Vitamin A

Penyebab mata kering yang terakhir adalah karena kamu kurang mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam, selada, dan lain-lain. Kemudian kamu juga kurang mengonsumsi sayuran orange seperti wortel, ubi, dan labu. Jika memang kamu sedang diet, jangan jadikan diet sebagai penghalang untuk mengonsumsi jenis sayuran tersebut, ya. Karena vitamin yang terkandung dalam sayuran tersebut sangat penting untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.