Sampo, Gaya Hidup, dan Kebersihan Diri

Sama seperti memilih skincare untuk wajah, sampo dan kondisioner akan mengalami fase trial and error dalam pemakaiannya. Cocok di satu orang belum tentu akan cocok saat kita pakai, begitupun sebaliknya. Kenali karakteristik rambutmu, terutama jika mengalami perubahan mendadak dan baru melakukan treatment seperti pewarnaan ataupun extension rambut.

Jika sampo yang biasa digunakan tidak lagi bisa memperbaiki masalah rambut, mungkin sudah waktunya mengganti dengan varian baru. Gunakan sampo secukupnya sesuai dengan volume rambut, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Selain perawatan dari luar, nutrisi dalam tubuh juga harus diperhatikan. Meski produk yang digunakan bagus, hal itu belum cukup kalau kita memiliki gaya hidup tidak seimbang. Makanan tinggi serat, vitamin, dan zync baik bagi kesehatan rambut. Selain itu, perhatikan kebersihan benda-benda yang sering menempel dengan kepala seperti sprei, sarung bantal, topi, ataupun jilbab. Kulit kepala yang tertutup dengan ketat dan lama bisa memicu keringat dan minyak menyumbat pori-pori.

Sampo, Gaya Hidup, dan Kebersihan Diri
source: https://www.instyle.com/

Kalau kamu merasa rambut sudah mulai lepek, gatal, atau rontok berlebihan, maka saatnya untuk keramas. Jangan tunda lagi kecuali ingin membuat rambut makin enggak sehat. Sebaiknya keramas dilakukan dua hari sekali, namun bisa menyesuaikan jika kamu banyak beraktivitas fisik yang berat seperti olahraga dan tinggal di lingkungan dengan cuaca panas dan lembap.

Basahi Rambut dengan Air Hangat

Sebelum keramas, ada baiknya membasuhnya dengan air hangan untuk membuka kutikula dan kelenjar minyak yang ada di kulit kepala serta menghilangkan residu produk rambut. Membasuh rambut dengan air hangat disarankan dilakukan tiga sampai empat menit sebelum keramas. Jika rambutmu panjang, kamu bisa mengaplikasikan kondisioner di rambut bagian bawah lalu bilas dan lanjut menggunakan sampo.

Basahi Rambut dengan Air Hangat
source: https://www.naturallycurly.com/
baca juga

Cara Keramas

Setelah menuangkan sampo ke tangan dan memberi sedikit air, bungkukkan badan ke depan dengan kepala menunduk. Cara ini untuk meratakan sampo. Cara meratakan sampo yaitu dengan mengoleskan sampo pada ujung rambut di tengkuk leher, berlanjut ke daerah kepala bagian atas lalu ke arah belakang, barulah sisi kanan dan kiri sedikit di dekat pelipis. Pijat kulit kepala secara vertikal dan satu arah dengan ujung jari secara lembut untuk menstimulasi peredaran darah. Menggosok rambut terlalu keras akan merusak kutikula secara permanen dan membuat rambut kusut.

Selanjutnya, bilas rambut dengan air dingin untuk menutup kutikula dan menjaga nutrisi dari sampo tidak hilang. Bilas hingga bersih tanpa sisa busa dan rambut tidak licin. Tepuk-tepuk lembut rambut hingga tidak ada air yang menetes untuk selanjutnya menggunakan kondisioner.

Cara Keramas
source: https://hairstraightenerbeauty.com

Penggunaan Kondisioner

Supaya rambut makin terawat, gunakan kondisioner di ujung rambut bawah. Penggunaan kondisioner tidak disarankan di akar kepala agar kulit kepala tidak terlalu berminyak. Diamkan beberapa saat agar kondisioner menyerap sempurna, lalu bilas hingga bersih. Fungsi kondisioner untuk memberi perlindungan tambahan pada rambut.

Penggunaan Kondisioner
source: https://www.mirror.co.uk
baca juga

Pengeringan Rambut

Kalau kamu biasa menggesek-gesek rambut basah dengan tangan atau handuk setelah keramas, sebaiknya hentikan kebiasaan itu, ya. Hal itu justru akan merusak rambut dan membuatnya kusut. Tepuk perlahan setiap bagian rambut dengan handuk dan angin-anginkan secara alami. Jika ingin menggunakan hairdryer, pastikan sudah menggunakan produk rambut yang bisa melindungi dari rambut kering akibat angin panas yang ditimbulkan.

Pengeringan Rambut
source: https://www.cosmeticnews.com/