Selain melaksanakan kewajiban, banyak orang menggunakan hijab untuk merasa lebih nyaman. Menggunakan penutup kepala dengan pakaian yang tidak terbuka memang bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Tapi, dengan cuaca panas dan segala hal menggerahkan lainnya, penggunaan hijab bisa menjadi kurang nyaman, Ladies. Lantas, apa yang harus kamu lakukan agar merasa nyaman dengan hijab seharian? Yuk, intip tipsnya berikut!

1. Pakai Inner Hijab

1. Pakai Inner Hijab

Ini merupakan salah satu tips wajib yang harus dilakukan sebelum memakai hijab. Inner atau ciput yang dipakai akan membuat kamu tetap nyaman aktivitas seharian dan membuat rambut tidak berantakan serta keluar-keluar dari hijab. 

Kamu bisa pilih pakai model inner atau ciput yang simple mirip bandana, atau pakai inner utuh (ciput ninja). Namun jika kamu mengenakan inner simple seperti bandana, pastikan hijab kamu tebal dan tidak menerawang, yaSupaya rambut kamu tetap tertutupi dengan sempurna. 

baca juga

2. Pilih Hijab yang Nyaman Dipakai

2. Pilih Hijab yang Nyaman Dipakai

Saat ini banyak sekali model hijab yang bisa kamu pakai. Namun supaya kamu bisa tetap nyaman aktivitas seharian, sebaiknya pilih model hijab yang nyama dipakai. Carilah bahan-bahan hijab yang menyerap keringat dan yang memiliki serat cukup renggang. Jadi tidak bikin gerah dan gatal. 

Atau sebagai referensi, kamu bisa pakai hijab instan nyaman. Selain mudah dipakai, hijab instan juga biasanya tidak terlalu merepotkan ketika dipakai aktivitas seharian. 

3. Berhijablah dalam Keadaan Rambut Kering

3. Berhijablah dalam Keadaan Rambut Kering

Pastikan rambut sudah kering ketika kamu mengenakan hijab. Karena memakai hijab dalam kondisi rambut masih basah, akan membuat kamu kurang nyaman dalam menjalankan aktivitas. Selain kurang nyaman, berhijab dalam keadaan rambut basah juga bikin rambut lepek dan kepala menjadi pusing. Jika memang kamu sedang terburu-buru, gunakan pengering rambut untuk membuat rambut kamu kering dengan cepat ya, Ladies.

baca juga

4. Jangan Lupa Mengikat Rambut

4. Jangan Lupa Mengikat Rambut

Selanjutnya, kamu juga bisa mengikat rambut sebelum berhijab, supaya nyaman melakukan aktivitas seharian. Rambut yang terurai ketika mengenakan hijab akan bikin kamu cepat merasa gerah. Selain itu, rambutmu juga jadi mudah berantakan dan keluar-keluar dari hijab. Meski begitu, jangan ikat rambut terlalu kencang karena bisa membuatmu cepat pusing

5. Sesuaikan Hijab dengan Aktivitas yang Dijalani

5. Sesuaikan Hijab dengan Aktivitas yang Dijalani

Karena menjalankan aktivitas itu banyak macamnya, kamu bisa memilih hijab sesuai dengan aktivitas yang ingin kamu jalani. Misalnya untuk aktivitas formal, kamu bisa memilih model hijab yang agak resmi namun tetap dengan bahan yang nyaman. Kemudian hijab yang nyaman dipakai untuk aktivitas outdoor, pakailah model hijab yang simple. Yang mudah untuk dilepas dan dipasang lagi.