Salah satu kunci makeup yang flawless adalah wajah bertekstur mulus, sehingga makeup dapat menempel dengan sempurna. Tapi beragam permasalah kulit bisa saja muncul dan membuat tekstur kulit menjadi tidak rata, terutama ketika di wajah muncul bruntusan.

Bruntusan adalah bintik-bintik kemerahan yang muncul di area wajah, umumnya di area dahi. kemunculan bruntusan bisa sangat mengganggu penampilan, oleh karena itu diperlukan penanganan yang cepat untuk mengatasinya. Begini cara menghilangkan bruntusan dalam semalam.

Ajaib! 8 Bahan Ini Ampuh Hilangkan Bruntusan Hanya dalam Satu Malam, Begini Caranya

Oatmeal

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk hilangkan bruntusan dalam semalam adalah oatmeal. Caranya cukup campurkan oatmeal dengan air matang, lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker untuk area yang bruntusan. Menggunakan casker oatmeal adalah cara tepat untuk menghilangkan bruntusan di dahi. 

Oatmeal
baca juga

Es Batu

Suhu dingin es batu bisa digunakan untuk menenangkan kulit kemerahan dan rasa gatal yang disebabkan oleh bruntusan. Kompreskan es batu pada area wajah yang mengalami bruntusan dengan membungkusnya menggunakan handuk atau kain lembut. Cara ini akan menghilangkan bruntusan dalam semalam.

Es Batu

Madu

Sebagai antiseptik dan antibankteri alami, madu ampuh untuk hilangkan bruntusan dalam semalam. Caranya oleskan madu murni di area bruntusan, biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air hangat. Cara ini efektif untuk hilangkan bruntusan di dahi.

Madu
baca juga

Lemon dan Putih Telur

Masker lain untuk atasi bruntusan secara cepat yaitu campuran lemon dan putih telur. Cara penggunaanya, campuran lemon dan putih telur dioleskan pada seluruh wajah. Diamkan hingga mengering kemudian bilas dengan air.

Lemon dan Putih Telur

Minyak Cengkeh

Kandungan eugenol dalam minyak ini ampuh untuk mengurangi rasa gatal dan menenangkan kulit yang bruntusan. Cara menghilangkan bruntusan dengan minyak cengkeh yaitu, encerkan minyak dengan sedikit air, lalu oleskan pada wajah yang bruntusan.

Minyak Cengkeh

Teh Hijau

Antioksidan yang tinggi dalam teh hijau bersifat anti-peradangan, sehingga akan ampuh untuk hilangkan bruntusan hanya dalam waktu semalam. Cara hilangkan bruntusan di dahi dengan teh hijau ialah, pakai kantong bekas teh hijau yang telah disimpan dalam kulkas, lalu tempelkan di dahi yang beruntusan.

Teh Hijau

Baking Soda

Memiliki kandungan antiseptik, baking soda bekerja dengan menghilangkan jamur dan bakteri, serta mengurangi minyak di wajah penyebab bruntusan. Cara menggunakan baking soda untuk obati bruntusan yaitu campurkan baking soda dengan air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan di area bruntusan seperti dahi.

Baking Soda

Tea Tree Oil

Tea tree oil mampu menembus kulit, melalui lapisan sebum lalu mengeluarkan sumbatan pori dan menghilangkan sel kulit mati. Sehingga untuk secara cepat menghilangkan bruntusan, tea tree oil adalah bahan yang tepat. Caranya encerkan tea tree oil dengan 1:9 rasio minyak dan air, lalu oleskan pada wajah.

Tea Tree Oil