Wawancara biasanya merupakan proses rekrutmen terakhir yang dilakukan oleh perusahaan, proses ini cukup krusial dan penting karena menentukan apakah kita bisa mendapatkan posisi yang diinginkan. Ladies, jika sudah mendapatkan jadwal interview, sebaiknya menyiapkan diri lebih matang untuk proses yang satu ini. Berikut persiapan penting yang harus dilakukan saat wawancara pekerjaan.
 

1. Mempelajari Perusahaan & Sejarahnya

1. Mempelajari Perusahaan & Sejarahnya
source: http://wolvganga.com

Sudah menjadi suatu kewajiban tidak tertulis saat wawancara kerja, untuk mempelajari sejarah perusahaan dan juga sepak terjang perusahaan tersebut. Beberapa informasi penting yang mesti Ladies ketahui antara lain latar belakang dan misi perusahaan, hal-hal terkait produk atau jasa yang ditawarkan  perusahaan, serta berita dan informasi terbaru tentang perkembangan perusahaan. Informasi tersebut bisa jadi bahan untuk Ladies mengajukan pertanyaan di akhir sesi wawancara kelak.

baca juga

2. Cari Tahu Job Description

2. Cari Tahu Job Description
source: http://studentsbrands.com

Biasanya jika kamu mengetahui lowongan kerja dari internet, sudah ada job description tentang posisi jabatan yang dilamar namun jika tidak, coba cari tahu dan pelajari job description posisi tersebut, sekarang kan hampir semuanya bisa kita temukan di google. Apalagi jika kamu seorang fresh graduate hal ini sangat diwajibkan karena belum mempunyai pengalaman bekerja sebelumnya.

3. Latihan

Sebelumnya siapkan skenario wawancara dari perkenalan sampai pada setiap pertanyaan, kemudian minta bantuan pada keluarga atau teman Ladies untuk berperan sebagai pewawancara dan menanyakan pertanyaan kepada kamu. Latihan sangatlah berguna untuk membuat diri terbiasa dan akan lebih santai saat wawancara nantinya.
 

baca juga

4. Perhatikan Cara Berpakaian

4. Perhatikan Cara Berpakaian
source: http://wardrobefocus.com

Kesan pertama adalah hal yang penting dalam proses melamar pekerjaan dan kesan pertama biasanya dinilai dari penampilan karena cara berpakaian akan menunjukan seperti apa orang tersebut. Sebelumnya cari tahu perusahaan tersebut punya lingkungan kerja yang mengharuskan memakai pakaian resmi, maka pilihlah busana yang sesuai. Sebaliknya jika perusahaan tersebut lingkungan kerjanya lebih santai, jangan menggunakan busana yang terlalu formal, karena Ladies malah akan dikira orang yang kaku.
 

5. Perhatikan Waktu

5. Perhatikan Waktu

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum memulai interview tentu adalah waktu. Benar, jangan sekali-kali meremehkan waktu meskipun itu hanya satu menit. Dalam wawancara, terlambat satu menit saja bisa dibilang dapat menghancurkan impian kita untuk bekerja di perusahaan yang kita lamar, karena biasanya interview kerja itu menerapkan kedisiplinan yang tinggi mengingat hal itu akan diterapkan di perusahaan nantinya.

Ladies itulah persiapan yang perlu dilakukan untuk menyiapkan proses wawancara, semoga bermanfaat ya!