1. Meningkatkan Fungsi Otak

Khasiat terong untuk meningkatkan fungsi otak bisa didapat dari zat nasunin. Zat tersebut merupakan antioksidan terbaik untuk kesehatan otak. Nasunin mampu melindungi membran otak dari bahaya radikal bebas. Zat lain yang juga ditemukan dalam terong adalah antosianin. Zat tersebut bertanggung jawab untuk memicu peredaran darah menuju otak serta mencegah peradangan saraf otak.
 

1. Meningkatkan Fungsi Otak
source: https://www.pixabay.com

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat yang tinggi, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien menjadikan terong sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, salah satu jenis flavonoid pada terong, yaitu antosianin juga bekerja sangat efektif dalam mencegah berbagai masalah jantung. Antosianin tersebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga jantung tidak akan dipaksa berfungsi melebihi kapasitasnya.
 

2. Menjaga Kesehatan Jantung
source: https://www.pixabay.com
baca juga

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa terong mengandung senyawa asam klorogenat. Senyawa tersebut membuat manfaat terong sangat baik untuk menyeimbangkan kadar kolesterol. Selain untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, senyawa klorogenat juga berguna antivirus, antimikroba, dan antikarsinogen yang bisa menghindarkan dari penyakit berbahaya lainnya.
 

4. Membantu Menjaga Berat Tubuh Ideal

Dalam satu mangkok terong potong dadu terkandung 20 kalori. Selain itu kandungan serat dalam terong juga tinggi. Kadar kalori rendah serta kandungan serat ini yang membuat terong bisa membantu kestabilan berat badan. Mengonsumsi terong tidak akan menyebabkan badan cepat gemuk. Sebaliknya, terong sangat baik sebagai menu diet sehat dan bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Membantu Menjaga Berat Tubuh Ideal
source: https://www.pixabay.com
baca juga

5. Mencegah Diabetes

Kandungan serat yang tinggi, membuat terong memperlambat proses pencernaan. Penyerapan gula ke dalam tubuh juga akan ikut melambat. Di samping itu, polifenol yang merupakan antioksidan alami pada terong mampu mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin. Dengan begitu, kadar gula dalam darah akan tetap terkendali.
 

5. Mencegah Diabetes
source: https://www.pixabay.com

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh, khasiat terong ternyata juga bagus untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi terong bisa melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih berseri. Terong juga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menutrisi kulit. Bahkan terong bisa dijadikan masker. Penggunaan masker terong secara teratur dapat mencerahkan wajah dan memudarkan bekas jerawat.
 

6. Menjaga Kesehatan Kulit
source: https://www.pixabay.com

Nah, untuk kamu yang ingin mengonsumsi terong dengan berbagai menu bisa kamu intip resepnya di sini ya!