Beberapa waktu lalu beredar kabar jika polusi jakarta sudah pada tingkat yang mengkhawatirkan. Tidak hanya di Jakarta, namun juga di beberapa kota besar di berbagai belahan dunia polusi udara telah menjadi suatu masalah. 

Menurut World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia, nilai ambang batas aman untuk PM 2.5 adalah 10 g/m3, namun di tahun 2018 saja nilai PM 2.5 kota jakarta sudah mencapai 45,3 g/m3. 

Cara Mudah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Polusi Udara
source: https://detik.com

Banyak penyebab polusi jakarta semakin meningkat sehingga menurunkan kualitas udara. Beberapa penyebab tersebut ialah pembangunan, polusi kendaraan dan musim kemarau yang berkepanjangan. Lalu bagaimana peran kita untuk mengatasi polusi udara yang di khawatirkan akan memperngaruhi kesehatan?

Memakai Masker

Langkah paling mudah untuk mengatasi polusi udara adalah dengan menggunakan masker ketika sedang berada di luar rumah atau pun sedang berkendara. Terlebih lagi jika kita sedang berkendara motor. Masker akan menyaring udara yang masuk dan meminimalkan polusi udara yang mungkin terhisap untuk masuk ke paru-paru. Jangan lupa untuk menggunakan masker yang dengan benar ya Beautynesian!

Memakai Masker
source: https://id.pinterest.com/pin/602919468843883836/
baca juga

Menanam Tanaman Anti Polutan

Menanam tanaman di halaman atau dalam rumah memang sangat bagus untuk membuat udara tetap bersih dan kaya akan oksigen. Karena tanaman akan menghisap karbon dioksida di udara. Tapi tahukah kamu jika di dunia ini ada tanaman yang bisa menyerap berbagai zat kimia berbahaya di udara dan polutan udara sehingga udara disekitar menjadi lebih bersih? 

Jenis tanaman anti polutan tersebut contohnya adalah lidah buaya, tanaman lidah mertua dan jenis tanaman anti polutan lainnya.

Menanam Tanaman Anti Polutan
source: https://id.pinterest.com/pin/426645764678438182/

Barjalan Kaki atau Bersepedah

Salah satu upaya untuk mengurangi dan mengatasi polusi udara adalah dengan beralih ke transportasi tanpa polusi seperti sepedah untuk jarak yang cukup jauh dan mencoba berjalan kaki untuk jarak dekat. Selain membantu udara menjadi lebih bersih, tubuh kita juga akan jadi lebih sehat.

Barjalan Kaki atau Bersepedah
source: https://id.pinterest.com/pin/787707791055585709/
baca juga

Beralih ke Moda Transportasi Massal

Jika kamu harus ke tempat yang sangat jauh dan tidak memungkinkan untuk naik sepeda. Yuk, coba menggunakan moda transportasi massal alih-alih menggunakan transportasi pribadi, seperti mobil atau motor. Selain mengurangi polusi udara, menggunakan moda transportasi umum seperti kereta api, bis atau yang sekarang ada MRT juga bisa menghemar energi lho.

Beralih ke Moda Transportasi Massal
source: https://id.pinterest.com/pin/739364463804592934/

Merawat Mesin Kendaraan

Jika kamu memang harus memiliki kendaraan pribadi, jangan lupa untuk merawat mesin kendaraan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kendaraan yang akan berdampak langsung kepada kualitas udara.

Merawat Mesin Kendaraan
source: https://freepik.com

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan membantu polusi udara.