Banyak orang merasa bentuk wajahnya kurang sempurna. Jika kamu pun merasa demikian, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Bentuk dagu yang kurang lancip atau hidung yang kurang mancung bisa diakali dengan menggunakan shading. Bahkan pipi chubby pun bisa terlihat tirus dengan penggunaan teknik shading yang benar. Mayoritas selebriti juga biasanya melakukan teknik shading agar wajahnya terlihat semakin sempurna. Masih belum ahli melakukan teknik shading? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut!

Langkah 1 Shading Wajah

Langkah 1 Shading Wajah
source: https://kawaiibeautyjapan.com

Langkah pertama teknik shading wajah yakni aplikasikan foundation warna terang, bisa pilih satu tingkat dari tone kulit kamu. Cara mengaplikasikannya yakni di bagian tengah dahi dan pipi bagian dalam. Untuk hasil maksimal, kamu bisa pakai concealer.

Selanjutnya, aplikasikan foundation yang warnanya dua kali lebih gelap atau bisa pakai krim countur di dahi bagian tengah atas, dan kiri-kanan atas. Caranya sama dengan cara memakai countur wajah. Aplikasikan di kedua sisi pipi paling luar, dan bagian tulang terluar. Blend bagian pipi ke arah dalam dan bagian dahi ke arah luar.

baca juga

Langkah 2 Shading Hidung

Langkah 2 Shading Hidung
source: https://ohayo.co.id/

Kamu juga menggunakan foundation warna gelap di bagian kedua sisi hidung dan foundation terang di tulang hidung. Cara aplikasinya dari atas ke bawah seperti garis lurus. Tips shading hidung yakni bagian ujung hidung bisa bentuk seperti huruf U dengan foundation gelap. Tujuannya agar terlihat lebih mancung.

Setelah kamu sudah mengaplikasikan semuanya, baru ratakan melebar baik foundation gelap maupun terang. Ratakan dengan jari terlebih dulu agar memudahkan membentuk sesuai tulang wajah. Selanjutnya untuk merapikannya kamu bisa menggunakan kuas shading hingga ter-blend sempurna. Pastikan juga kalau hasilnya halus dan rata.  

Langkah 3 Shading Dagu

Langkah 3 Shading Dagu
source: https://www.pixabay.com

Jika kamu merasa dagu kamu kurang tirus, maka kamu juga bisa melakukan shading di area tersebut. Caranya dengan menggunakan foundation gelap kamu garis di bagian kanan dan kiri dagu kemudian blend ke arah leher. Cara membuat highlight makeup untuk dagu yaitu aplikasikan foundation atau concealer terang di tengah dagu.

Lalu dengan kuas blending, kamu blend keduanya hingga menjadi tampak natural. Sebaiknya jangan tergesa-gesa agar hasilnya tidak berantakan. Setelah semuanya sudah rapi dan rata, kamu bisa set lagi dengan menggunakan bedak tabur sehingga lebih tahan lama.

baca juga

Langkah 4 Finishing

Langkah 4 Finishing
source: https://www.pixabay.com

Jika masih ragu dengan ketahanan shading yang sudah kamu buat, kamu bisa menambahkan setting spray ke seluruh wajah. Penggunaan setting spray sebaiknya berjarak 20-30 cm dari wajah. Pastikan semua bagian wajah tersemprot sehingga makeup kamu tidak cepat luntur.