1. Rajin Exfoliating Kulit

Bukan hanya wajah saja yang wajib di kupas sel kulit matinya, bagian selangkangan juga agar tampak lebih cerah, halus, dan mulus. Sebab, penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan kulit kusam, bersisik, dan merangsang produksi melanin berlebih sehingga kulit tampak hitam. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan cream exfoliator ataupun lulur mandi yang dijual di toko kosmetik ataupun membuatnya sendiri dari bahan alami. Bisa dari endapan air beras misalnya, yang terbukti dapat memutihkan kulit dan dijamin aman.
1. Rajin Exfoliating Kulit
source: https://www.instagram.com/purbasari_id

2. Masker Bengkoang

Agar hasilnya maksimal, selangkangan juga wajib dimasker. Sebab, masker terkenal mengandung bahan yang 70% lebih efektif dalam menutrisi dan mencerahkan kulit. Kamu bisa memilih masker bahan alami dari ekstrak buah bengkoang yang ditumbuk halus. Gunakan secara rutin minimal seminggu dua kali ya, Beautynesian!
2. Masker Bengkoang
source: https://bp-guide.id/
baca juga

3. Memilih Celana dalam yang Tepat

Memilih celana dalam juga tidak boleh sembarangan. Kamu harus lebih selektif memilih bahan yang halus dan nyaman di kulit. Serta hindari menggunakan celana dalam yang super ketat agar kulit bisa bernafas lega dan tidak menimbulkan iritasi penyebab kulit selangkangan menghitam. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya ya!
3. Memilih Celana dalam yang Tepat
source: https://www.instagram.com/victoriassecret

4. Menjaga Keseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti timbulnya jerawat dan masih banyak yang lainnya. Bahkan, bisa juga menjadi penyebab kulit selangkangan tampak lebih hitam. Oleh sebab itu, salah satu cara memutihkan kulit pada bagian selangkangan dengan makan makanan bergizi terutama sayur dan buah-buahan serta hindari stress berlebihan.
4. Menjaga Keseimbangan Hormon
source: https://www.instagram.com/chrishemsworthlovely
baca juga

5. Hati-hati saat Mencukur Rambut Kemaluan

Tentu boleh-boleh saja mencukur rambut kemaluan agar tampak lebih rapih dan bersih. Namun, mencukur sembarangan dengan cara mencabut atau menggunakan pisau silet biasa dapat menyebabkan iritasi kulit. Bagian kulit yang teriritasi ini dapat menjadi sarang bakteri dan jamur, apalagi di area lembap dan tertutup, seperti bagian selangkangan dan sekitarnya. Kulit yang terluka biasanya akan meninggalkan bekas hitam. Untuk mengantisipasinya, lebih baik menggunakan gunting yang bersih atau ke klinik untuk waxing.
5. Hati-hati saat Mencukur Rambut Kemaluan
source: https://www.instagram.com/victoriassecret

6. Berat Badan Seimbang

Beautynesian, percayalah hampir 80 persen orang yang mengalami berat badan berlebih (obesitas) pasti pada bagian lipatan tubuh tertentu seperti selangkangan cenderung berwarna hitam. Sebab, kulit yang bergelambir saling bergesekan, sesak, dan susah bernafas. Karena itu, jauh lebih baik jika kamu tetap menjaga keseimbangan berat badan. Selain lebih sehat juga bermanfaat untuk kecantikan kulitmu.
6. Berat Badan Seimbang
source: https://www.instagram.com/agnezmo

Meski banyak beredar cream pemutih yang menjanjikan hasil instant, tapi tidak ada salahnya kan mencoba tips di atas yang sudah dijamin keamanannya? Jadi, semoga tips sederhana di atas bisa bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba!