Kemacetan di Jakarta sudah menjadi rahasia umum bagi sebagain penduduk di seluruh Indonesia. Berbagai solusi pemerintah pun sudah dilakukan untuk mengurangi kemacetan parah di Jakarta ini. Salah satu solusi baru yang saat ini sedang pemerintah jalankan adalah sistem Ganjil Genap.

Sistem ganjil genap merupakan konsep pembatasan kendaraan yang mengacu pada dua nomor terakhir plat nomor kendaraan. Untuk itu, nantinya setiap kendaraan yang melintas akan bergantian sesuai hari pemberlakuan dua digit angka terakhir pada plat nomor kendaraan.

3 Transportasi Umum Jakarta Ini Bisa Kamu Pilih untuk Atasi Sistem Ganjil Genap
source: https://freepik.com

Awalnya sistem ini hanya berlaku untuk kendaraan roda dua, karena biangnya kemacetan di Jakarta adalah motor. Hal ini juga untuk mengantisipasi pengguna yang memiliki beberapa kendaraan bermotor agar tidak dioperasikan secara bersamaan. Namun sekarang berlaku juga untuk kendaraan roda empat dan tidak hanya ber plat nomor B saja. Sistem genap ganjil juga berlaku untuk semua kendaraan yang memasuki area Jakarta. 

3 Transportasi Umum Jakarta Ini Bisa Kamu Pilih untuk Atasi Sistem Ganjil Genap
source: https://detik.com

Beautynesian, kamu pasti sedikit takut jika akan bepergian ke Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, apalagi jika belum tahu titik-titik mana saja yang diberlakukan sistem ganjil genap. Belum lagi rute Jakarta yang sedikit rumit jika di bandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia.

Tak perlu khawatir, saat ini moda transportasi umum sudah banyak di Jakarta yang bisa kamu gunakan ketika akan melakukan rutinitas. Selain mengurangi kemacetan kamu juga bisa lebih irit dalam mengeluarkan ongkos dan tidak perlu khawatir akan di tilang karena salah melewati jalur. Beberapa rekomendasi transportasi umum untuk atasi ganjil genap dan kemacetan Jakarta.

baca juga

Kereta Commuter Line


Kereta Commuter Line merupakan layanan kereta listrik komuter yang dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia, anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). KRL Menjadi solusi warga Jakarta untuk mencegah kemacetan ibukota. Selain cepat, biaya yang dikeluarkan pun relatif murah sehingga sangat cocok digunakan masyarakat umum menengah ke bawah.

Ada dua jenis tiket yang di sediakan yaitu Kartu Multi Trip dan Tiket Harian Berjalan. KMP atau Kartu Multi Trip bisa kamu gunakan untuk perjalanan berlanjut, artinya kamu bisa gunakan kartu tersebut untuk perjalanan selanjutnya. Sedangkan Kartu Harian Berjalan digunakan untuk sekali perjalanan. Jadi, tinggal pilih sesuai kebutuhan kamu ya!

Kereta Commuter Line

Bus Trans Jakarta

Semenjak resmi digunakan, Bus Trans Jakarta menjadi solusi warga sekitar untuk mengatasi kemacetan. Selain kenyamanan yang diberikan jarak tempuh untuk sampai ke tempat tujuan pun lumayan cepat dibandingkan jika menggunakan kendaraan pribadi. Halte Trans Jakarta pun sudah terdapat di wilayah penting di Jakarta. Kamu bakalan menghemat waktu dan tak perlu khawatir soal ganjil-genap ya!
Bus Trans Jakarta
source: https://detik.com
baca juga

MRT


Diresmikan pada 12-24 Maret 2019, MRT bisa jadi salah satu pilihan kendaraan bagi kamu yang mau berkunjung ke Jakarta. Selain terhindar dari macet ongkos yang dikeluarkan pun relatif murah. Untuk tiketnya sendiri MRT atau Mass Rapid Transit ini memiliki dua jenis tiket, yaitu single trip dan multi trip.

Single trip sendiri hanya bisa diguakan untuk sekali perjalanan dan multi trip kamu bisa menggunakannya lebih dari satu kali perjalanan. Untuk tarif MRT sendiri dimulai dari Rp3 ribu-Rp14 ribu tergantung dari jarak tempuh yang akan kamu pilih. Transportasi ini cocok banget untuk kamu menghemat waktu ke kantor atau kampus.
 
MRT
source: https://detik.com