Munculnya bintik hitam di wajah sering kali menganggu rasa percaya diri. Flek hitam atau bintik hitam yang muncul di wajah biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu lama terpapar sinar ultraviolet (UV), kebiasaan merokok, penuaan, kurang mengkonsumsi vitamin, hingga stres.

Untuk mencegah adanya flek hitam, cara ampuh yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan sunscreen dan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kamu juga perlu melakukan perawatan kulit secara alami untuk mencegah dan menghilangkan flek hitam di wajah, Ladies. Berikut informasi beberapa cara aman dan alami yang bisa Ladies lakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Lidah Buaya
 
source:https://plantshop.ae

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Termasuk untuk menghilangkan flek hitam. Lidah buaya merupakan healing properties yang dapat membantu menghilangkan dark spot di wajah secara alami. Adanya kandungan polysassharides dalam aloe vera gel dapat menstimulasi pertumbuhan sel baru yang dapat mengurangi flek hitam pada kulit.

Cara pemakaiannya kamu dapat menjadikan lidah buaya masker wajah. Ambil gel lidah buaya menggunakan jari dan aplikasikan ke seluruh area kulit wajah yang memiliki flek hitam. Lalu diamkan selama 20 menit sebelum dibilas menggunakan air. Agar mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa gunakan masker lidah buaya ini 2 kali sehari.

Ekstrak Teh Hijau
 
source:http://www.tampilcantik.com

Selain nikmat untuk di minum, ekstrak teh hijau juga sangat bagus untuk membantu menghilangkan teh hijau. Caranya dengan merendam satu kantung teh hijau dai air matang selama 3-5 menit. Kemudian tempel kantung teh tersebut ke wajah yang tampak ada bintik hitam dan. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, Ladies bisa menggunakannya selama dua kali dalam sehari.

Pepaya
 
source:https://id.pinterest.com/

Kalau yang belum tau, pepaya ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Adanya kandungan enzim papain dalam buah ini merupakan penangkal dari flek hitam karena mampu mengekfoaliasi sel kulit sekaligus meratakan warna kulit juga, lho. Tak hanya itu kandungan ezim papain juga dapat mengurangi produksi tyrosinase, yaitu enzim yang menyebabkan produksi zat melanin secara berlebih.

Untuk cara menggunakannya, haluskan pepaya menggunakan blender atau garpu. Kemudian setelah pepaya halus, oleskan pepaya pada area kulit yang mengalami flek hitam selama 20 menit. Kalau sudah bilas dengan menggunakan air. Lakukan sebanyak 3 kali seminggu dan untuk Ladies yang memiliki kuit yang sensitif sebelum menggunakan pepaya sebaiknya melakukan patch test terlebih dahulu.

Susu
 
source:https://id.pinterest.com/

Susu memang dikenal kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh terutama untuk kecantikan kulit. Kandungan asam laktat yang terdapat dalam susu dapat membantu mengatasi bintik hitam di wajah. Cukup celupkan kapas ke dalam susu, lalu oleskan ke kulit yang terdapat flek hitam sebanyak dua kali sehari. Lakukan berulang sampai efeknya benar-benar terlihat .


Castor Oil
 
source:https://gheestore.in/cold-pressed-castor-oil/

Castor oil kaya akan omega 3 dan vitamin E yang berkhasiat sangat bagus untuk kulit. Kandungan vitamin E dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat adanya pertumbuhan sel kulit baru, sehingga akan membantu menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.

Kamu bisa menggunakan castor oil langsung pada area kulit yang mengalami flek hitam hingga menyerap selama 1 jam. Kemudian bilas dengan air bersih. Castor oil ini juga bisa menjadi pencegah untuk munculnya flek hitam. 

Kentang
 
source:https://id.pinterest.com/

Tak hanya lezat untuk disantap, kentang juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah, lho. Kentang memiliki kandungan pemutih alami yang dapat menyamarkan flek hitam, bekas jerawat, dan blemish. Selain itu adanya kandungan pati pada kentang juga dapat membantu mengurangi pigmentasi dan meningkatkan kesehatan pada kulit.

Cara menggunakannya cukup iris kentang tipis-tipis kemudian basahkan irisan tersebut menggunakan air. Letakan irisan kentang tadi pada wajah yang mengalami flek hitam selama 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air yang bersuhu normal. Kamu juga bisa menggunakan masker dari kentang yang terbuat dari campuran kentang parut dan madu. Khasiatnya sangat bagus untuk menghilangkan flek hitam dan kesehatan kulit.

Yuk, coba pakai sekarang Ladies!