1. Siapkan Bahan-bahan

Agar mendapatkan bumbu rendang yang enak dan mantap, catat bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat rendang daging ala resep masakan rumahan berikut:

Bahan-bahan:

  1. Daging sapi
  2. 1/2 butir kelapa parut

Bumbu Halus:

  1. 3 siung bawang putih
  2. 5 siung bawang merah
  3. 5 biji cabe merah besar
  4. 10 biji cabe rawit
  5. 1 sdt merica bubuk
  6. 1/2 sdt ketumbar
  7. 1 cm jahe
  8. 1/2 biji tomat
  9. 1 sdm garam
  10. 1 sdt gula pasir
  11. 1/2 sdt kaldu bubuk
1. Siapkan Bahan-bahan

Bumbu Utuh:

  1. 2 cm lengkuas digeprek
  2. 3 lembar daun salam
  3. 2 lembar daun jeruk
baca juga

2. Tumis Bumbu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci bersih daging sapi yang akan dimasak. Iris tipis-tipis supaya lebih cepat matang dan bumbu meresap. Setelah itu siapkan bumbu. Cuci bersih bumbu dan haluskan (bisa diulek maupun diblender). Tumis bumbu dengan sedikit minyak. Setelah bumbu terlihat setengah matang, masukkan bumbu utuh. Tunggu hingga mengeluarkan bau harum. 

2. Tumis Bumbu

3. Masukkan Daging

Saat bumbu rendang sudah tercium harum, masukkan daging. Aduk-aduk sebentar dan beri air hingga menutupi daging. Tutup sebentar hingga berubah warna. Sebagai catatan, masak dengan api kecil agar bumbu matang secara sempurna dan tidak alot. Setelah itu masukkan santan dan ungkep hingga daging matang. 

3. Masukkan Daging
source: https://www.masakapahariini.com/
baca juga

4. Koreksi Rasa dan Tunggu Hingga Matang

Selama proses pematangan daging rendangnya, jangan lupa untuk mengoreksi rasa. Aduk sesekali dan tutup kembali agar daging bisa cepat matang. Tunggu hingga rendang daging matang dan siap untuk disantap. 

4. Koreksi Rasa dan Tunggu Hingga Matang
source: https://www.wajibbaca.com/

Jadi itu tadi resep bumbu rendang daging ala resep masakan rumahan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Selamat mencoba ya!

Sumber resep: https://cookpad.com/id/