Menceritakan Tentang Siapa Kita

" Ceritakan Tentang Diri Anda?"

Sedang mencari lowongan kerja pastinya harus siap dengan wawancara kerja. Walaupun perjalanan masih panjang, mempersiapkan apa yang akan terjadi tidak akan sia-sia. Pertanyaan interview kadang terasa mudah tetapi menjebak seperti pertanyaan tentang siapa diri kita. Saat HRD meminta kita menceritakan tentang diri kita, bukan berarti kita perlu menceritakan kisah yang panjang dan tidak sesuai dengan pekerjaan yang kita inginkan. Saat pertanyaan interview ini datang, kamu harus memberikan jawaban yang singkat, padat dan langsung pada intinya.

Biasanya pertanyaan ini ingin melihat karakter diri dan pengalaman yang sudah dilalui. Pilihlah kata-kata yang ringan dan sopan. Jangan merendahkan pekerjaan yang lama untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Sebutkan juga kalau kamu memiki potensi dalam proyek perusaan tersebut.

Menceritakan Tentang Siapa Kita
source: https://id.pinterest.com/floratherese/

Alasan Kenapa Menerima Kamu

" Mengapa Anda Harus Diterima di Perusahaan ini?"

Hal yang harus kamu persiapkan saat mencari lowongan kerja adalah menjawab pertanyaan interview sebaik mungkin. Wawancara kerja adalah tahapan kamu membuktikan kamu layak bekerja di perusahaan tersebut. Sehingga pertanyaan tentang alasan mengapa mereka harus menerima kamu bekerja, harus dijawab dengan hal yang menarik tentang diri kamu.

Sebutkan potensi dan pengalaman yang telah kamu lalui dengan prestasi yang telah kamu capai. Usahakan jawaban yang kamu berikan menjadi solusi permasalahan yang terjadi pada perusahaan tersebut. Sehingga kamu perlu mencari tahu apa lebih banyak tentang perusaan tersebut. 

Alasan Kenapa Menerima Kamu
source: https://id.pinterest.com/realsimple/
baca juga

Mengetahui Apa Pekerjaan yang Akan Dilakukan

"Apa yang Kamu Lakukan Dalam Pekerjaan?"

Saat kamu mencari lowongan kerja pastinya kamu tahu apa yang harus kamu lakukan dengan pekerjaan tersebut. Apa saja yang harus dikerjakan, apa masalah yang akan dihadapi dan bagaimana solusi saat permasalahan terjadi. Pertanyaan interview ini sering terjadi dalam wawancara kerja "apa yang kamu ketahui tentang pekerjaan ini?" atau "ceritakan apa yang kamu akan hadapi saat menjalankan pekerjaan ini?" pertanyaan serupa yang menjurus tentang pengetahuan kamu tentang pekerjaan yang akan dilamar.

Jawaban dari pertanyaan interview ini harus membuat para HRD kagum dan yakin bahwa kamu pantas mendapat pekerjaan ini. Cari tahu tentang pekerjaan yang akan kamu jalani saat mencari lowongan kerja akan memudahkan kamu menjawab pertanyaan interview satu ini.

Mengetahui Apa Pekerjaan yang Akan Dilakukan
source: https://id.pinterest.com/MichelleLittlePhotography/

Alasan Mengapa Kamu Keluar dari Pekerjaan Lama

" Mengapa Anda Berhenti dari Pekerjaan Sebelumnya?"

Alasan saat kamu keluar dari pekerjaan lama, pastinya diperhitungkan saat wawancara kerja. Walaupun alasan kamu tidak cocok dengan teman ataupun bermasalah dengan atasan sebelumnya, tidak baik untuk memberitahukan dengan gamblang, karena akan membuat para HRD merasa kamu tidak cocok bekerja dalam tim.

Untuk itu lebih baik menceritakan hal positif kenapa kamu akan menyukai bekerja dalam pekerjaan barumu, daripada menjelekan pekerjaanmu sebelumnya. Kamu dapat menceritakan bahwa kamu akan lebih cocok dengan pekerjaan ini, sebutkan potensi kamu dan mimpi kamu.

Alasan Mengapa Kamu Keluar dari Pekerjaan Lama
source: https://id.pinterest.com/createcultivate/
baca juga

Kelebihan dan Kekurangan

"Apa Kelebihan dan Kekurangan Diri Kamu"?

Pertanyaan interview yang paling membingungkan dan menjebak adalah menceritakan kekurang serta kelebihan yang kita miliki. Walaupun terkesan sangat mudah kita ketahui tetapi saat menjawab butuh keahlian khusus.

Saat HRD bertanya tentang kekurangan dan kelebihan diri kita sendiri. Disarankan untuk memberikan jawaban yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dimana kekurangan kamu harus ditutupi dengan kelebihan kamu, dan sebaliknya kelebihan kamu harus sempurna saat adannya kekurangan yang kamu miliki. 

Saat menceritakan tentang kekurangan yang kamu miliki juga perlu diperjelas dengan bagaimana kamu dapat mengurangi kelemahan kamu. Seperti apa yang akan kamu lakukan saat kamu menghadapi permasalahan. 

Kelebihan dan Kekurangan
source: https://id.pinterest.com/theeverygirl/