Sebagai warga negara indonesia yang baik, kita wajib berbangga hati memakai batik. Dengan memakainya, kita sudah berperan aktif dalam menjaga keberagaman budaya indonesia. Batik juga bisa memberikan kita berbagai look dan sangat mudah dipadu padankan dengan berbagai fashion items. Namun, apakah Beautynesian pernah mengalami warna kain batik yang luntur? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, intip informasinya dibawah ini!

Jangan Mencuci di Mesin Cuci

Jangan Mencuci di Mesin Cuci

Langkah pertama untuk merawat kain batik agar tetap awet dan tahan lama adalah dengan tidak mencucinya menggunakan mesin cuci. Apapun model baju batik yang kamu bisa, sebaiknya hindari mencuci dengan mesin cuci. Kenapa? Karena mesin cuci mampu merusak serat kain batik dan membuatnya menjadi mudah robek. 

Selain itu, penggunaan mesin cuci juga bisa bikin rusak pada pola warna motif batik itu sendiri. Mungkin tidak akan terlihat pada hasil cucian yang pertama. Namun dalam 3-4 kali cucian, kamu sudah bisa lihat bahwa mesin cuci akan merusak beberapa pola warna yang ada di baju batik wanita/pria. Cuci pakai tangan saja ya Ladies, biar aman dan kain batiknya tetap bagus dipakai secara berkala. 

baca juga

Jangan Campurkan Kain Batik dengan Baju Lain Pada Saat Mencuci

Jangan Campurkan Kain Batik dengan Baju Lain Pada Saat Mencuci

Biasanya pada saat mencuci manual menggunakan tangan, kita cenderung mencampurkan semua baju menjadi satu didalam ember, ya? Dengan tujuan supaya pekerjaan tersebut cepat selesai. Namun, cobalah buat pengecualian untuk kain batik. 

Menggabungkan baju batik wanita dengan baju lainnya, hanya akan membuat warna kain batik kelunturan. Selain itu, kegiatan mencampurkan baju batik saat mencuci juga dirasa akan membuat warna kain batik tidak asli lagi. Jadi pastikan ya Ladies, cuci baju batik didalam ember terpisah supaya warna kain batiknya tidak terkontaminasi dengan warna baju lainnya. 

Cuci Kain Batik Menggunakan Shampoo

Cuci Kain Batik Menggunakan Shampoo

Cara ketiga adalah dengan menggunakan shampoo sebagai detergen untuk mencuci berbagai model baju batik. Shampo digunakan untuk mencuci rambut karena ia memiliki zat adiktif yang cukup lembut. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mencuci kain batik.

Zat adiktif yag terdapat didalam shampoo dipercaya mampu membersihkan kain batik secara maksimal, tanpa membuat berbagai model baju batik rusak. Jadi mulai sekarang, gunakan shampoo sebagai detergen untuk mencuci kain batik ya, Ladies. 

baca juga

Tidak Melibatkan Pelembut pada saat Mencuci Kain Batik

Tidak Melibatkan Pelembut pada saat Mencuci Kain Batik

Masih suka pakai pelembut untuk membuat kain batik menjadi lebih wangi? Sebaiknya berhenti sekarang juga sebelum terlambat. Zat yang terdapat pada pelembut atau softener tersebut ternyata bisa membuat serat kain cepat rusak. Jadi, bagi Beautynesian yang memiliki kain batik, sebaiknya jangan gunakan pelembut lagi supaya kain batiknya tetap indah dan awet tahan lama. 

Randam Kain Batik Menggunakan Air Hangat Secara Berkala

Randam Kain Batik Menggunakan Air Hangat Secara Berkala

Terakhir, pakai air hangat untuk merendam baju batik wanita supaya lebih awet dan halus. Air hangat mampu melepaskan kotoran dari serat kain batik secara aman. Kamu boleh menguceknya secara perlahan jika memang kondisi kain batiknya sedang dalam keadaan sangat kotor. Namun jika tidak, rendam saja dengan air hangat selama beberapa menit. Ingat ya? Air hangat saja tanpa mencampurkannya dengan bahan apapun. 

Selamat mencoba!