1. Sneakers nyaman karena bantalan Joyride didesain khusus dengan ribuan TPE di dalamnya

source: Instagram/nikerunning

Apa itu TPE? TPE adalah thermoplastic elastomer. Jadi, koleksi sneakers terbaru dari Nike ini menghadirkan teknologi bantalan dari TPE yang berupa butiran plastik dan karet. Bantalan ini berbeda dari bantalan Air yang menggunakan gas yang dimampatkan dan bantalan React yang memiliki struktur busa khusus. 

Butiran TPE itu dikelompokkan menjadi empat pods di bawah sepatu. Masing-masing kelompok memiliki volume butiran berbeda sesuai tekanan dan penggunaan saat dipakai, yaitu lebih banyak di bagian tumit untuk menyerap hentakan dan lebih sedikit di bagian depan agar penggunanya tetap lincah.

Misalnya, jika ada total 8.000 manik-manik di sepatu lari, sekitar 50 persen dari manik-manik tersebut akan berada di bagian tumit, sementara 5 persen akan memberikan bantalan pada ujung kaki. Ketika sering dipakai, kelompok manik-manik di masing-masing bagian ini akan menyesuaikan dengan bentuk kaki penggunanya, sehingga menghasilkan sistem bantalan yang seolah dibuat khusus untuk kaki penggunanya. Terbayang nyamannya, kan?
 

2. Joyride melalui uji coba hingga ratusan kali

source: sneakernews.com

Nah, Joyride sendiri merupakan hasil dari percobaan terus-menerus, selama bertahun-tahun. Seratus lima puluh bahan diuji sebelum akhirnya TPE dipilih sebagai bahan untuk manik-manik. Hingga pada akhirnya, sneakers ini sukses dirilis 1 Agustus kemarin untuk member NikePlus. Selain member, harap bersabar sampai 15 Agustus nanti jika ingin mengoleksinya.
 

baca juga

3. Sensasi berlari memakai sepatu Nike Joyride seperti berlari di atas gelembung

source: www.esquire.com

Berkat butiran warna-warni TPE dalam empat pods yang ada di bawah sepatu,  Joyride memberikan sensasi berlari yang unik. Nike sendiri menyebutnya seperti berlari di atas gelembung. Sementara itu, Mike Kim pada ulasannya di Esquire mengungkapkan bahwa sensasinya sangat mirip dengan melangkah di atas pasir lembut dan berbutir, tetapi dengan pantulan yang berlawanan di setiap langkah. Buat kamu yang suka lari tapi kadang malas-malasan, sneakers ini akan cocok sekali untuk meningkatkan mood. Sesuai namanya, Joyride memang menyenangkan untuk berlari.
 

4. Pilihan warna lembut untuk sneakers wanita

source: sneakernews.com

Nike Joyride yang dirilis pertama kali hadir dalam warna utama putih dan warna tambahan hijau tosca dan juga manik-manik TPE yang berwarna-warni. Kalaupun kamu tidak suka lari, warnanya yang pastel ini dijamin susah buat ditolak banyak wanita. Selain itu, untuk sneakers wanita, tersedia warna sunset tint yang nuansanya peach. Makin ingin mengoleksinya, kan?

baca juga

5. Versi lain Nike Joyride akan dirilis kemudian

source: Instagram/nikerunning

Nike Joyride Run Flyknit adalah versi pertama yang dirilis Nike Joyride. Selanjutnya, akan ada Nike Joyride versi lain yang dibuat khusus untuk tujuan unik masing-masing. Sebut saja Nike Joyride NSW, Nike Joyride NSW Setter (yang debut di acara SS20 ALYX Matthew Williams di Paris Fashion Week), Nike Joyride NSW Optik eksklusif, dan Nike Joyride Kids Nova yang dirancang khusus untuk kebutuhan atlet muda.

Itu tadi lima fakta menarik Nike Joyride. Sneakers ini akan cocok sekali kamu kenakan di acara charity run yang sekarang marak diselenggarakan di banyak kota. Kamu tertarik mengoleksinya?