Perayaan Idul Adha ditandai dengan penyembelihan daging qurban, sehingga tak heran banyak sekali orang yang memiliki daging yang cukup banyak dan tidak langsung habis. Maka banyak orang sebelum mengolah daging sapi maupun kambing menyimpannya terlebih dahulu di dalam freezer.

Namun, sebelum menyimpan daging sapi maupun kambing ada baiknya kamu mengetahui berapa lama sebaiknya daging mentah dapat bertahan di dalam freezer. Hal ini dikarenakan daging rentan terkontaminasi, sehingga daging perlu melalui langkah penyimpanan yang tepat agar tidak merusak daging dan akhirnya tidak dapat dikonsumsi. Simak penjelasnya di bawah ini.

Waktu Penyimpanan

Sapi dan kambing merupakan binatang yang biasa disembelih saat Idul Adha. Daging sapi dan kambing termasuk ke dalam daging merah sehingga daging sapi dan kambing mentah dapat disimpan di dalam kulkas maksimal selama empat hari dan di dalam freezer dapat disimpan selama 4-12 bulan.
 

Waktu Penyimpanan
baca juga

Ingat selain soal waktu kamu juga harus menyesuaikan dan mengatur suhu pada kulkas. Suhu yang tepat untuk menyimpan daging mentah ialah -1 hingga 1 derajat celcius dan sebisa mungkin hindari menyimpan daging pada suhu di atas 1 derajat celcius, karena pada suhu tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan hal inilah yang menyebabkan daging menjadi mudah busuk.

Waktu Penyimpanan

Supaya lebih aman lebih baik menyimpan daging dalam sebuah wadah tertutup sebelum dimasukan ke dalam kulkas atau freezer. Tidak dianjurkan menyimpan daging dalam plastik hitam, apabila ingin menggunakan plastik sebaiknya menggunakan plastik wrap, karena plastik ini dapat menyesuaikan bentuk daging sehingga membuatnya lebih kedap udara. Pengemasan daging yang tepat akan membantu kualitas daging tetap terjaga.

Waktu Penyimpanan
baca juga

Saat daging sapi dan kambing mentah yang sudah dikeluarkan dari freezer  mencair maka sebaiknya daging segera diolah dan jangan dimasukan kembali ke dalam kulkas maupun freezer. Apabila kondisi daging sudah berubah warna menjadi kecoklatan dan tidak segar lagi maka jangan melanjutkan untuk mengolah daging.

Waktu Penyimpanan

Nah, itulah waktu yang dianjurkan untuk menyimpan daging sapi dan kambing di dalam kulkas maupun freezer.