Charcoal Mask
 

source: vegenero.com

Kini banyak produk kecantikan yang memanfaatkan arang sebagai bahan utama. Itu karena arang memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Sifat-sifat ini baik untuk mendetoks kulit dari racun-racun berbahaya yang berasal dari radiasi dan polusi. Arang juga dikenal ampuh dalam menyerap kelebihan minyak. Dengan memakainya sebagai masker, produk dari arang ini diyakini dapat menghilangkan jerawat dan mengangkat komedo membandel.

Arang yang digunakan untuk perawatan kecantikan bukan arang biasa melainkan activated charcoal, yaitu karbon yang dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua, bambu, atau serbuk kayu dan telah melalui proses pengaktifan guna meningkatkan daya serapnya. Saat terjun ke pasar, charcoal mask tidak hanya berbentuk bubuk tapi banyak pula yang dikemas rapi bisa langsung pakai dalam bentuk krim.

Clay Mask

source: harmonyhealthbeauty.co.uk

Beralih ke clay mask, masker dari tanah liat ini sifatnya drying skin agent. Ini baik untuk menyerap minyak berlebih pada wajah. Selain mengangkat kotoran dan debu, clay mask juga dapat mengencangkan kulit, mengeksfoliasi sel kulit mati, dan mengecilkan pori-pori.
Jenisnya bermacam-macam, antara lain bentonite clay, moroccan clay, dan pink clay.

Dibandingkan dengan yang lain, pink clay cenderung lebih gentle di kulit karena kemampuan penyerapannya medium. Dengan kata lain, pink clay cukup aman untuk kulit sensitif. Satu hal yang harus diingat ketika menggunakan clay mask adalah masker ini tidak boleh didiamkan hingga over-dry atau natural oils di kulit terserap terlalu banyak dan justru membuat kulit jadi terlalu kering bahkan memicu inflamasi.
 

baca juga

DIY Masker Wajah: Charcoal Clay Mask
 

Tak Perlu Bahan Mahal, Begini Cara Membuat Charcoal Clay Mask di Rumah

Nah, sekarang coba buat sendiri charcoal clay mask untuk skincare routin kamu.

Bahan yang kamu butuhkan dan kisaran harganya

  • 30 gr pink clay (Rp 57.000,-/50 gr)
  • 5 gr activated charcoal powder (Rp 45.000,-/150 gr)
  • 20 ml refined/distilled water (Rp 15.000,-/250 ml)
  • 5 ml argan oil (Rp 30.000,-/10 ml)
  • Secukupnya minyak atsiri/essential oil (Rp 25.000,-/10 ml)


Proses pembuatan dan cara pemakaian

  1. Dengan menggunakan sendok kayu atau spatula karet, campur semua bahan menjadi satu dalam mangkuk kecil. Penting untuk diperhatikan, hindari penggunaan peralatan logam ketika mencampur atau menyimpan bahan.
  2. Oleskan masker ke wajah, berhati-hatilah agar tidak mengenai pakaian karena charcoal bisa meninggalkan noda.
  3. Diamkan masker selama sekitar 10 menit, lalu cuci dengan air hangat dan kain lembut.


Mengingat sifat charcoal clay mask yang menyerap naturals oils di kulit, cukup lakukan skincare rutin ini selama 1-2 kali dalam seminggu saja, ya!