Jerawat batu atau cystic acne adalah salah satu jenis jerawat yang paling menyiksa karena sering kali kemunculannya disertai dengan rasa sakit gatal dan nyeri bahkan ketika tidak disentuh.

Penyebab jerawat batu muncul adalah tersumbatnya sebum atau minyak di dalam pori-pori. Jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dibanding jenis jerawat lain, sehingga jika tidak ditangani dengan tepat bisa menimbulkan bekas jerawat yang mengganggu penampilan. Tapi tak perlu khawatir, kamu tetap bisa menghilangkan jerawat batu menggunakan bahan-bahan alami berikut, yang sekalian bisa mencegah noda bekas jerawat timbul.

6 Cara Hilangkan Jerawat Batu dengan Bahan Alami, Ampuh Tanpa Meninggalkan Bekas!

Kunyit

Mengandung beragam sifat seperti anti-bakteri. anti-jamur, dan anti-inflamasi, kunyit bisa kamu jadikan ramuan yang ampuh untuk membasmi jerawat batu. Caranya, yaitu campurkan bubuk kunyit dengan minyak wijen hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

Kunyit
baca juga

Madu

Madu dapat membantu menyerap minyak di wajah dan menekan pertumbuhan bakteri yang menyumbat pori-pori. Selain itu madu juga memiliki efek anti-peradangan yang bisa meredakan kemerahan akibat jerawat batu. Penggunaan madu untuk obati jerawat batu dilakukan dengan mengoleskan madu murni pada wajah, lalu membiarkannya meresap selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. 

Madu

Lemon atau Jeruk Nipis

Kaya akan vitamin C, lemon dan jeruk nipis ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, menyamarkan noda bekas jerawat, dan bersifat anti-bakteri. Untuk menggunakan lemon atau jeruk nipis sebagai obat jerawat batu, kamu cukup mengambil air perasannya dengan kapas atau cotton buds lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. 

Lemon atau Jeruk Nipis
baca juga

Kentang

Memiliki kandungan beragam vitamin yaitu A, C, B1, B2, dan B6, kentang adalah bahan alami selanjutnya untuk hilangkan jerawat batu. Selain ragam vitaminnya yang mampu menutrisi kulit, kentang juga memiliki kandungan serat yang ampuh hilangkan bakteri serta sel kulit mati penyebab jerawat. Untuk menggunakannya cukup haluskan kentang yang sudah dikupas, lalu gunakan pada wajah sebagai masker selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

Kentang

Bawang Putih

Tinggi kandungan antioksidan, bawang putih menjadi bahan alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat batu. Caranya tumbuk halus bawang putih yang telah dikupas, lalu oleskan tumbukan tersebut di area jerawat. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Untuk memakai bahan ini, kembali lagi kepada jenis kulit kamu ya. Karena tidak semua jenis kulit diperbolehkan memakai bawang putih karena adanya alergi pada kulit sensitif.

Bawang Putih

Cuka Apel

Cuka apel kaya akan kandungan asam sitrat yang efektif digunakan untuk perawatan kulit berjerawat, termasuk jerawat batu. Cara penggunaannya, setelah membersihkan wajah oleskan sekitar 2 sendok makan cuka apel pada area yang berjerawat. Tunggu sekitar 20-30 menit hingga cuka apel mengering lalu bilas dengan air.

Cuka Apel

Nah, Ladies selamat mencoba ya! Jika ingin tahu obat-obat di apotek yang ampuh untuk jerawat batu, kamu bisa klik di sini!