Menjelang hari raya Idul Adha, umat Islam  yang akan melakukan kurban memilih hewan ternak untuk dikurbankan. Penjual hewan kurban di berbagai sudut kota pun bermunculan. Mungkin kamu akan bingung memilih hewan ternak yang seperti apa yang pas untuk dikurbankan. Kamu harus memilih hewan ternak yang baik dan sesuai syariat Islam. Bagaimana cara memilih hewan ternak yang baik dan sesuai syariat Islam tersebut? Berikut informasinya!

1. Cek Umur Hewan Ternak yang Akan Dikurbankan

1.	Cek Umur Hewan Ternak yang Akan Dikurbankan
source: https://www.needpix.com/photo/download/941887/holstein-cattle-cows-heifers-field-dairy-milk-cheese-girls-farm

Sudah bukan rahasia lagi, jenis hewan ternak yang dapat dikurbankan saat hari raya Idul Adha adalah domba, kambing, sapi, kerbau dan unta. Kelima hewan ternak tersebut sudah ditentukan sesuai syariat Islam. Namun, dalam memilih hewan ternak tidak hanya memerhatikan jenisnya saja melainkan umur hewannya.

Usia hewan ternak yang disyariatkan untuk dikurbankan tergantung dari jenisnya. Berikut ketentuannya: 

  • Jika kamu memilih kambing atau domba untuk dikurbankan. Pilihlah yang berumur 12 – 18 bulan atau satu tahun.
  • Jika kamu memilih sapi atau kerbau untuk dikurbankan. Pilihlah yang berumur 22 – 24 bulan atau dua tahun.

Untuk unta, kamu dapat memilih unta yang sudah berumur lima tahun.

baca juga

2. Hewan Kurban yang Dikurbankan Tidak Ada Cacat

2.	Hewan Kurban yang Dikurbankan Tidak Ada Cacat
source: https://pxhere.com/en/photo/592663

Hari raya Idul Adha, pada dasarnya merupakan hari raya haji yang disertai penyembelihan kurban. Hal tersebut merupakan bentuk kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dan hanya beribadah karena Allah SWT. Oleh karena itu, wajib hukumnya memilih hewan kurban yang tidak ada cacat pada tubuhnya.

Artinya, kamu harus memilih hewan kurban yang sempurna tidak ada cacat sedikit pun pada fisik hewan tersebut. Ada kriteria cacat yang dapat membuat hewan kurbanmu tidak sah, antara lain: pincang, buta sebelah mata atau menderita kebutaan, tidak memiliki daun telinga serta sangat kurus. Nah, jika kamu memilih hewan ternak yang tidak sah untuk dikurbankan maka daging yang didapat bukan merupakan daging kurban tapi daging hasil sembelihan biasa.

3. Kondisi Hewan Kurban Harus Sehat

3.	Kondisi Hewan Kurban Harus Sehat
source: https://pxhere.com/en/photo/808987

Selain tidak ada cacat, hewan kurban harus dalam kondisi sehat. Artinya hewan tersebut tidak sakit demam, kudis, diare, lemas, mata cekung, kondisi tubuh yang hewan yang kotor, bulu hewan yang kusam serta terdapat buangan yang berasal dari lubang hidung.

Perlu kamu tahu, tidak hanya manusia saja yang bisa stres. Hewan ternak pun bisa stres. Oleh karenanya, dalam berkurban kamu harus perhatikan betul apakah hewan kurban pilihanmu stres atau tidak dan perhatikan juga suhu badannya. Nah, untuk mengetahui itu semua, pastikan kamu membeli hewan kurban di tempat yang tepat.

baca juga

4. Hewan Kurban yang Dipilih Telah Mengalami Pergantian Gigi Seri

4.	Hewan Kurban yang Dipilih Telah Mengalami Pergantian Gigi Seri
source: https://pxhere.com/en/photo/1125463

Saat kamu sudah meniatkan menjalankan perintah Allah SWT dan hanya berharap kepada-Nya. Tentunya kamu ingin selalu mempersembahkan yang sempurna kepada-Nya. Oleh karena itu, pastikan hewan kurban yang kamu pilih telah mengalami pergantian gigi seri.

Ternyata hewan kurban sesuai syariat itu, sudah mengalami pergantian gigi seri di bagian bawah dan depan, lho. Bingung, kan bagaimana cirinya? Cirinya adalah kamu dapat melihat karakter gigi susunya. Jika sudah mengalami pergantian gigi seri, karakter gigi susu terlihat runcing dan kecil ukurannya. Kemudian cek gigi tetapnya apakah sudah rata dan besar.

5. Pilihlah Hewan Kurban yang Punya Nafsu Makan yang Bagus

5.	Pilihlah Hewan Kurban yang Punya Nafsu Makan yang Bagus
source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a3/Dry_cow_shed_in_the_dairy_farm_in_RDA_Bogra_3.jpg/800px-Dry_cow_shed_in_the_dairy_farm_in_RDA_Bogra_3.jpg

Tentunya, kamu tidak ingin mempersembahkan hewan kurban yang kurus di hari raya Idul Adha ini. Kamu pasti akan memberikan yang terbaik. Oleh karenanya, kamu harus memilih hewan kurban yang memiliki nafsu makan yang bagus.
 
Hewan yang memiliki nafsu makan yang bagus, pastinya dalam kondisi sehat. Nah, kondisi hewan ternak yang sehat ini sudah pasti berpengaruh pada kondisi fisiknya, seperti: mata bersinar, bulu halus dan tidak kusam serta lincah.

Itulah tips memilih hewan kurban untuk hari raya Idul Adha. Tips tersebut sudah sesuai syariat Islam. Jika kamu ragu untuk mengetahui kondisi fisik serta kesehatan jasmani dan stres atau tidaknya hewan, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter hewan atau lembaga terkait yang menangani hewan kurban untuk mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Semoga bermanfaat!