Mahalnya harga hewan ternak membuat beberapa orang berpikir dua kali untuk berkurban. Hal tersebut karena pendapatan yang diperoleh cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pemikiran seperti itu tidak hanya berlaku bagi orang yang berpenghasilan cukup, ada juga orang yang mampu akan terasa berat memikirkan harga hewan ternak yang selangit.
 
Namun, kamu tidak perlu khawatir, berikut tips berkurban yang bisa kamu tiru setiap tahunnya supaya kamu tidak terlalu berat untuk berkurban. Jangan lupa niatkan hatimu untuk selalu berbagi dengan sesama yang membutuhkan.

Niatkan Hatimu untuk Berkurban

Pada dasarnya, kurban hanya disyariatkan bagi umat Islam yang mampu saja. Namun, setiap orang bisa berkurban, tidak percaya? Pernah mendengar kisah 7 bocah yang membeli hewan ternak berupa seekor sapi dengan cara menyisihkan uang jajannya Rp10.000 per hari? Nah, kamu bisa meniru mereka, Beautynesian.
 
Saat ini yang terpenting adalah niatkan hatimu untuk berkurban, bagaimana caranya? Pahami pengorbanan Nabi Ibrahim AS saat mengurbankan putra kesayangannya untuk memenuhi perintah Allah SWT. Kemudian, jika hatimu belum mantap, kamu dapat mempelajari pentingnya umat Islam harus berkurban. Nah, perintah berkurban ini dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Kautsar ayat (1) dan (2).

Ayat Suci Al Quran Surat Al Kautsar ayat (1) dan (2) yang berbunyi :

(1) Inna a'tainakal - kautsar
      artinya : Sungguh, Kami telah memberimu nikmat yang banyak;

(2) Fa salli lirabbika wan-har
     artinya : Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah.

Niatkan Hatimu untuk Berkurban
source: https://www.flickr.com/photos/nassernouri/5104026765/
baca juga

Membuat Rekening Khusus untuk Idul Adha

Setelah kamu niat dan memahami pentingnya berkurban, tidak afdol jika tidak dibarengi dengan usaha. Untuk mewujudkan niatmu berkurban, langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah membuat rekening khusus untuk Idul Adha.
 
Mengapa rekening khusus? Supaya rekening khusus Idul Adha ini tidak bercampur dengan uang jajanmu. Beberapa orang mengakui memiliki tabungan dengan rekening yang terpisah-pisah terbukti sangat efektif untuk mengumpulkan uang.
 
Memang beberapa orang terkadang tidak disiplin dalam menyisihkan uangnya. Tetapi jika kamu menganggap uang yang kamu tabung adalah cicilan serasa kamu memiliki utang, kemungkinan besar tabungan Idul Adha-mu akan terkumpul dalam rentang waktu 10 – 11 bulan.

Membuat Rekening Khusus untuk Idul Adha
source: https://cdn.pixabay.com/photo/2019/02/21/08/10/account-4010846_960_720.jpg

Contoh konkretnya, seperti ini:

Misalnya harga kambing saat ini dimulai dari harga Rp2 juta dan harga sapi dimulai dari Rp14 juta Kamu bisa membuat prediksi harga kenaikan hewan ternak di tahun depan adalah 15%. So, prediksi harga kambing di tahun depan adalah Rp2,3 juta sedangkan harga sapi adalah Rp16 jutaan.

Nah, dari jumlah harga tersebut kamu bagi 10 – 11 bulan, bisa menghitungnya, kan Beautynesian? Artinya setiap bulan kamu harus rutin menyicil dan memasukkan ke rekeningmu dengan jumlah tersebut.

Menabung Emas Khusus untuk Bujet Kurban

Maraknya investasi emas juga mendorong beberapa orang untuk menabung emas. Nah, menabung emas ini dapat kamu lakukan sebagai bujet untuk berkurban saat Idul Adha tiba. Sama halnya dengan menabung biasa, kamu dapat menyisihkan pendapatanmu setiap bulannya untuk menabung emas.
 
Saat ini banyak lembaga keuangan yang memiliki program tabungan emas, salah satu contohnya adalah Pegadaian. Beberapa bank swasta juga mulai menawarkan program tabungan emas ini. Kamu tidak perlu khawatir soal harga emas karena harga emas cenderung stabil. Kamu bisa coba, Beautynesian!

Menabung Emas Khusus untuk Bujet Kurban
source: https://cdn.pixabay.com/photo/2014/03/25/11/20/gold-296115_960_720.jpg
baca juga

Konsultasi dengan Pihak Ketiga

Sudah bukan rahasia lagi, beberapa orang yang suka jajan akan sangat kesulitan menyisihkan uangnya untuk menabung. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat berkonsultasi dan meminta bantuan kepada pihak ketiga, seperti konsultasi dengan lembaga khusus untuk kurban di Idul Adha. Lembaga tersebut sama halnya dengan lembaga yang menangani zakat fitrah dan mal saat hari raya Idul Fitri.
 
FYI: lembaga yang khusus untuk melayani kurban ini biasanya menawarkan paket berkurban. Kamu dapat memilih dan menabung harga ternak sesuai dengan kemampuanmu.

Konsultasi dengan Pihak Ketiga
source: https://www.flickr.com/photos/nassernouri/5103945757

Nah, tersebut adalah tips bisa berkurban setiap tahunnya yang dapat kamu coba meski bujet yang kamu miliki minim. So, siapa saja bisa berkurban, Beautynesian. Asalkan didasari niat yang kuat untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Jika kamu tahun ini belum bisa berkurban, jangan patah semangat. Kamu bisa mencobanya di Idul Adha tahun depan.