Wanita memang wajib menjaga dan merawat tubuhnya setiap saat. Tak terkecuali pada area ketiak. Meski tidak begitu terlihat, namun ketiak gelap bisa bikin kita tidak percaya diri saat pergi keluar rumah lho. Nah, tak perlu khawatir. Lakukan lima langkah di bawah ini untuk menormalkan kembali kulit ketiak yang gelap. Pastinya, kamu juga tak perlu keluar uang banyak untuk mempraktekannya lho. 

Gunakan Lemon


Keringat yang berlebihan merupakan salah satu penyebab ketiak gelap. Keringat yang bercampur dengan bakteri akan lembap dan lambat laun merubah warna kulit ketiak. Tidak cuman hitam, namun ketiak juga akan menimbulkan aroma yang tidak sedap pada kondisi seperti ini. 
Gunakan Lemon

Nah, Ladies bisa memakai lemon untuk mengatasi masalah tersebut. Lemon adalah salah satu bahan alami yang mengandung limonin. Dimana kandungan tersebut berfungsi sebagai antiseptik sekaligus menghilangkan kuman yang menempel pada ketiak. 

  1. Campurkan air lemon dengan bubuk kunyit, madu, dan yogurt tanpa rasa. 
  2. Oleskan ke seluru bagian ketiak secara merata, diamkan 10 menit
  3. Bilas menggunakan air bersih
  4. Lakukan minimal 3x dalam seminggu
Cara ini tidak hanya mencerahkan kulit ketiak secara alami, namun juga melindungi kulit dari infeksi jamur. 
baca juga

Gunakan Baking Soda

Gunakan Baking Soda

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ketiak gelap. Bahkan penggunaannya tidak menimbulkan efek samping sedikitpun. Namun karena baking soda bentuknya bubuk, kamu perlu membuatnya dulu menjadi adonan kental supaya bisa menempel pada ketiak. 
  1. Ambil 1-2 sendok makan soda kue 
  2. Larutkan dengan sedikit air biasa
  3. Aduh sampai adonan sedikit mengental 
  4. Oleskan secara merata keseluruh bagian ketiak yang menghitam
  5. Diamkan sampai kering, bilas dengan air hangat
Baking soda ini akan bekerja sebagai pengelupas sel kulit mati yang menempel pada ketiak. Untuk hasil yang maksimal, gunakan cara ini maksimal 3x dalam seminggu. 
 

Gunakan Parutan Kunyit / Bubuk Kunyit

seperti yang sudah dijelaskan diatas, penyebab ketiak gelap tidak hanya dari penggunaan deodoran saja, namun kuman dan bakteri juga bisa menjadi penyebab ketiak gelap. Selain itu, kuman dan bakteri juga bisa memunculkan bau tidak sedap pada ketiak. Untuk itu, gunakan parutan kunyit atau bubuk kunyit untuk mengatasi masalah tersebut. 

Gunakan Parutan Kunyit / Bubuk Kunyit

Caranya :

  1. Ambil parutan kunyit / bubuk kunyit secukupnya
  2. Campurkan dengan 2 sendok makan lotion 
  3. Oleskan pada seluruh permukaan ketiak secara merata 
  4. Diamkan 30 menit, bilas dengan air hangat
Selain memutihkan ketiak, kandungan pada kunyit mampu menyamarkan pigmentasi dan memnyembuhkan kulit ketiak yang iritasi. 
 
baca juga

Gunakan Tawas Atau Alum

Untuk Beautynesian yang belum pernah mendengarnya, tawas atau alum adalah kumpulan senyawa garam berbentuk seperti kristal atau batu bening. Tawas sering digunakan sebagai pengganti deodoran. Sifatnya sebagai antibakteri, mampu membuat semua kotoran pada ketiak menempel pada tawas layaknya magnet. 

Gunakan Tawas Atau Alum

Nah, selain mampu menyapu semua kotoran dan bakteri pada ketiak, tawas juga mampu mencerahkan area ketiak yang gelap. Caranya :

  1. Sediakan 1 butir tawas/alum yang bentuknya tidak terlalu kecil 
  2. Celupkan pada air hangat selama 5 detik saja
  3. Sapukan kebagian kulit ketiak yang gelap, namun jangan telalu keras ya Ladies. Secara perlahan saja. Jangan lupa untuk memilih area yang halus untuk disapukan kebagian kulit ketiak yang gelap.
Lakukan rutin jika ingin kulit ketiak cerah dan bersih secara permanen. Tawas juga membuat keringat kamu lebih terkontrol lho Ladies. 

Gunakan Kulit Jeruk

Terakhir adalah menggunakan kulit jeruk. Kandungan asam sitrat yang terdapat pada kulit jeruk mampu memutihkan kembali kulit ketiak yang menghitam. 

Gunakan Kulit Jeruk

Caranya juga sangat mudah :

  1. Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari selama 3-4 hari (sampai benar-benar kering)
  2. Tumbuk atau giling kulit jeruk yang sudah kering tersebut sampai menjadi serbuk atau bubuk halus
  3. Simpan ditempat yang tertutup dan rapat 
  4. Ambil 2 sendok makan (sesuai kebutuhan) bubuk kulit jeruk tadi
  5. Campurkan dengan air mawar
  6. Oleskan secara merata pada seluruh bagian ketiak, diamkan 10 menit
  7. Bilas dengan air dingin
Untuk hasil yang maksimal, lakukan 2-3 kali seminggu. Semoga bermanfaat yang Ladies! Jangan lupa dipraktekkan langsung di rumah!