Bagi sebagian wanita menikah muda dan menggelar pesta pernikahan dengan dekorasi pernikahan bak negeri dongeng menjadi sebuah impian. Namun, kenyataan berkata lain kamu masih saja sendiri padahal usia kamu sudah memasuki angka 30. Belum lagi kamu harus menghadapi stigma yang kurang menyenangkan dari lingkungan yang seringkali melabeli wanita lajang usia 30-an dengan cap kesepian dan sebagai pemilih.

Sayangnya, banyak yang menjadi lebih galau saat teman-teman sepermainan sudah menikah. Tapi jangan terlalu cemas memikirkannya Ladies ikuti cara berikut ini untuk mengatasi galau saat belum bertemu jodoh di usia 30-an.

Buang Jauh Perasaan Menyesal

Mungkin kamu pernah memiliki target untuk menikah di usia muda atau patokan usia untuk menikah, namun ternyata target tersebut terlampaui dan kamu belum juga menikah sampai sekarang. Maka buanglah perasaan menyesal dan jangan pula kamu menyesal karena tidak memiliki target menikah sehingga saat memasuki usia 30-an belum menemukan jodoh. Janganlah hal ini membuat kamu menjadi gelisah, Ladies.

Pahamilah bahwa menikah bukanlah sebuah perlombaan bahwa yang cepat dia yang menang melainkan pernikahan merupakan sebuah waktu. Tuhan akan mempertemukan kamu dengan orang yang tepat dan di waktu yang tepat.

Buang Jauh Perasaan Menyesal
baca juga

Terus Perbaiki Diri

Jangan terus meratapi diri karena belum juga menikah padahal banyak teman-teman kamu yang sudah menggelar pesta pernikahan. Sampai membuat kamu lupa bahwa kamu perlu terus memperbaiki diri. Ya, jodoh merupakan cerminan diri sendiri, maka dari itu daripada terus galau memikirkan umur yang terus bertambah lebih baik terus memantaskan diri agar nanti kamu dapat menikah dengan orang yang tepat.

Terus Perbaiki Diri

Perluas Wawasan dan Pergaulan

Jangankan memikirkan konsep pesta pernikahan dan dekorasi pernikahan, pacar saja sampai saat ini kamu belum ada. Jangan galau Ladies, banyak kok orang di luar sana yang memiliki nasib yang sama sehingga jangan pernah merasa sendirian dan mengasihani diri sendiri.

Justru kamu harus terus melakukan kegiatan yang produktif dengan menambah wawasan dan pergaulan. Lakukan cara mengikuti komunitas-komunitas yang sesuai dengan hobi kamu atau juga melakukan kegiatan sosial. Hal ini akan menjadi pengalaman yang seru untuk kamu, selain itu kamu dapat bertemu dan kenal dengan orang-orang baru.
 
Perluas Wawasan dan Pergaulan
baca juga

Melakukan Hal-hal baru

Daripada terus-terusan galau karena belum menikah lebih baik kamu mengeksplor hal-hal baru yang ingin kamu coba, selama kamu masih ada waktu dan kesempatan. Misalnya selama ini kamu memiliki hobi menulis cobalah untuk mulai menyalurkan hobi menulis kamu dengan membuat blog. Atau melakukan solo traveling ke suatu tempat yang selama ini ingin kamu kunjungi. Hal-hal baru ini akan mengalihkan perasaan galau kamu lho, Ladies!
Melakukan Hal-hal baru

Tetap Percaya Diri

Meski saat ini kamu menyandang status lajang namun jangan larut dari perasaan kesepian. Tetaplah tampil dengan percaya diri, hiraukan semua stigma dan omongan dari orang-orang sekitar. Tunjukan rasa percaya diri kamu dengan penampilan yang terbaik saat harus menghadiri acara pernikahan teman atau reuni sekolah.

Tetap Percaya Diri

Percayalah bahwa jodoh akan datang tepat waktu. Tidak terlalu cepat atau bahkan tidak membuatmu menunggu terlalu lama. Meskipun umur terus bertambah namun tetaplah sabar dan terus memantaskan diri