Bagi seorang hijabers, memiliki banyak koleksi hijab menjadi suatu keharusan. Namun nyatanya, dalam memilih hijab yang nyaman bukan hal yang mudah. Kamu harus mencoba memakai berbagai macam hijab dengan bahan yang berbeda untuk menemukan hijab favoritmu. Nah, agar lebih mudah, ada tips pilih hijab nyaman dari Youtuber cantik Ranie Karlina yang bisa membantu, Ladies. Yuk, simak informasi berikut!

Pilih Jenis Hijab

Pilih Jenis Hijab
source: https://www.instagram.com/p/BzdJgZ-HrdY/

Pertama-tama, kamu harus mengetahui berbagai jenis hijab. Seperti yang kamu tahu, ada banyak jenis hijab yang dipasarkan di Indonesia, mulai dari hijab segiempat, hijab pashmina, hijab instan dan juga bergo. Untuk menemukan hijab favorit, kamu perlu mencoba berbagai jenis hijab tersebut meskipun enggak semua jenis hijab harus kamu punya ya. Nah, untuk Ranie sendiri dia lebih menyukai jenis hijab segi empat atau pashmina. 

baca juga

Pilih Ukuran Hijab

Pilih Ukuran Hijab
source: https://www.instagram.com/p/Bz_4eDlHh-n/

Selanjutnya adalah memilih ukuran hijab. Hijab segi empat yang biasa dikenakan Ranie berukuran 110 x 110 cm. Tapi kalau kamu ingin tampil lebih syar'i, kamu bisa memilih  ukuran yang lebih lebar. Hijab segi empat menawarkan ukuran yang berbeda-beda loh, misalnya ada yang memiliki ukuran 124 x 125 cm atau bahkan lebih. Sedangkan untuk hijab pashmina, Ranie biasanya memakai pashmina berukuran 70 x 200 cm. Jadi sesuaikan saja dengan kenyamanan kamu, ya!

Pilih Bahan Hijab

Pilih Bahan Hijab
source: https://www.instagram.com/p/Bz0Tmfxnk-6/

Bahan atau kain yang digunakan untuk hijab di Indonesia sangat bervariasi. Untuk hijab segi empat, Ranie sangat menyukai bahan voile. Bahan voile ini cenderung sangat mudah dikenakan dan tidak usah diseterika. Untuk acara tertentu, ia memilih bahan poly cotton karena terlihat lebih resmi tapi agak licin dipakai.

Untuk pashmina, Ranie mengaku sangat menyukai bahan baby doll. Menurut Ranie, bahan ini nyaman dipakai, elastis, dan tidak usah disetrika sebelum dipakai. Pilihan lainnya adalah hijab dengan bahan cerutti diamond.
 

baca juga

Pakai Ciput Jika Hijab Transparan

Pakai Ciput Jika Hijab Transparan
source: https://www.instagram.com/p/ByxjAkoHRA4/

Jika kamu ingin memakai hijab yang transparan seperti hijab dengan bahan baby doll dan ceruti berwarna terang yang lebih 'menerawang', jangan lupa untuk memakai ciput. Selain berfungsi untuk melindungi rambut, ciput juga dapat membuat hijab yang kita pakai tidak terlalu "licin".

Sehingga Ranie menyarankan untuk memakai ciput jika memakai pashmina berwarna terang dan berbahan dasar sifon. Sedangkan untuk hijab dengan bahan voile premium biasanya cukup tebal jadi lebih aman meski tidak memakai ciput.

Memilih Bahan Hijab Instan

Memilih Bahan Hijab Instan
source: https://www.instagram.com/p/BxJYQY-n0MX/

Ranie juga memberikan tips untuk kamu yang ingin mencoba pashmina instan. Pashmina instan yang dijual di pasaran biasanya memiliki ukurang yang all size. Tips untuk menyiasati ukurannya adalah dengan memilih bahan yang elastis di bagian wajah agar tetap nyaman dipakai seharian. 

Jadi, itu dia beberapa tips mudah untuk memilih hijab yang nyaman dipakai. Kalau kamu, lebih suka memakai jenis hijab apa, Ladies?