Menjelang hari H, kamu akan semakin dilema dengan berbagai pilihan terkait rencana pernikahan. Belum lagi, semua persiapan tak selalu lancar sesuai dengan keinginan dan konsepmu. Budget yang terbatas, pilihan yang terbatas, bingung memilih gaun dan makeup, pilihan keluarga yang tidak sesuai denganmu, dan drama-drama melelahkan lainnya mungkin membuatmu sulit mengambil keputusan terkait rencana pernikahan.

Meksipun demikian, kamu tetap harus mengambil keputusan karena waktu semakin dekat, Ladies. Jangan khawatir, take a deep breath dan simak yuk informasi cara mengatasi kesulitan mengambil keputusan sat merencanakan pernikahan berikut!

Ingat Mood Board

 

source: http://apis.xogrp.com/media-api/images/d7999a6d-5a82-49f4-ad80-eac8104ef7d6

Ladies, ingat, kamu memilih pasanganmu untuk menikah karena satu alasan: kamu menyukainya. Jadi, saat kamu kebingungan dengan semua detail rencana pernikahan, jangan lupakan fakta penting tersebut. Saat lelah dan pikiranmu kacau, kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa kamu harus melalui semua hal menyusahkan ini. Tapi, yuk kembali berpikir jernih.

Saat bingung mengambil keputusan, cobalah untuk mengikuti hatimu (mood board) dan memilih yang benar-benar kamu inginkan. Jika kamu belum memiliki mood board-mu sendiri, kamu bisa membuatnya sekarang. Semangat ya, Ladies!

baca juga

Take a Break

 

source: https://content.thriveglobal.com/wp-content/uploads/2017/08/dreamstime_s_46780631.jpg

Memaksa otak lelahmu untuk mengambil keputusan terkait rencana pernikahan tentu sangat melelahkan. Alih-alih memaksakan diri, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk istirahat, Ladies

Mungkin hari pernikahanmu memang sudah dekat, tapi kamu tetap membutuhkan waktu untuk istirahat. Setelah memberikan waktu untuk relax, kamu akan melihat perbedaan mood yang akan membuatmu lebih mudah mengambil keputusan nantinya.

Jangan terima email atau telepon dari siapapun untuk waktu satu hari saja. Jika kamu takut ada hal-hal penting yang tidak bisa kamu lewatkan, kamu bisa membiarkan panggilan masuk ke voicemail, atau menitipkan pesan kepada orang tua atau orang-orang terdekat untuk mengurusnya untukmu.

Setelah beristirahat sejenak, pikiranmu akan jauh lebih tenang dan jernih. Jadi, jangan lupa meluangkan waktu untuk dirimu sendiri agar tidak jenuh ya, Ladies.

Kirim Delegasi

 

source: https://blog.qceventplanning.com/wp-content/uploads/2015/08/Event-Client-Consultation-Question-Creating-Concept.jpg

Ini adalah pernikahan impianmu, jadi tentu kamu ingin memeriksa setiap detail rencana pernikahan sendiri untuk memastikan rencanamu sempurna. Tapi, saat kamu tengah kelelahan, memaksakan diri memeriksa setiap detail pernikahan hanya akan membuatmu sulit mengambil keputusan. 

Sebagai solusi, cobalah berbagi tugas dengan calon pasangan, bahkan keluarga dan teman-teman jika mereka menawarkan bantuan. Ketika kamu memulai perencanaan pernikahan, bagilah keputusan utama (dan keputusan kecil dan detail) di antara kalian berdua.

Tentukanlah siapa yang akan mengambil keputusan akhir tentang suatu hal tentang pernikahanmu. Misal, jika tunanganmu adalah penggemar musik, maka biarkan ia yang memutuskan tentang band atau DJ apa yang akan disewa di acara pernikahanmu. Dengan begitu, kamu tidak perlu pusing sendiri, Ladies.

baca juga

Dapatkan Datanya

 

source: https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/attachment/2019/3/22/155325767826161/155325767826161_89ae62a6-5ce2-438a-92b7-5723c055ff04.png

Sulit untuk merencanakan pernikahan secara ahli ketika kamu mungkin bukan wedding expert. Olah karena itu kamu membutuhkan data. Data-data dapat membantu menginformasikan keputusanmu dan membuatmu terus maju.

Misalnya, kamu sedang mencari jenis bunga untuk acara pernikahan. Karena kamu menikah di musim kemarau, maka jenis bunga yang tahan panas yang kamu perlukan. Carilah data tentang bunga yang cocok untuk waktu acara pernikahanmu tersebut.

Jika kamu tidak dapat memutuskan rasa kue untuk dihidangkan dalam acara pernikahanmu, cari tahu favorit pelanggan di toko roti atau katering pilihan. Data-data tersebut dapat membantumu mengambil keputusan secara rasional, dan bukan keputusan dari rasa panik dan kelelahan karena terlalu banyak hal yang kamu pikirkan.

Ingat Hal yang Terpenting

 

source: https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20170220/head-9139254e2d522283350f8a5826303e67_600x400.jpg

Mengambil keputusan dalam persiapan pernikahan mungkin tampak seperti hal yang terpenting. Tapi sebenarnya, yang akan kamu ingat adalah momennya, Ladies. Bukan warna bunga atau karpet yang menurutmu kurang menarik itu.

Jadi, tidak perlu memusingkan hal-hal kecil yang tidak perlu. Fokuslah pada menjaga kesehatanmu dan kebahagian mentalmu menuju acara pernikahan. Ingatkan dirimu bahwa yang terpenting adalah fakta bahwa kamu akan menikahi orang yang kamu cintai. Dengan begitu, keputusan-keputusan akan lebih mudah kamu ambil.

Itulah informasi cara mengatasi kesulitan mengambil keputusan saat merencanakan pernikahan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!