Perayaan Idul Adha memang identik dengan pemotongan hewan kurban, terutama kambing.
Kambing memiliki rasa yang enak bagi sebagian orang, hanya saja cara mengolahnya tidak boleh sembarangan. Banyak orang mengurungkan niat untuk menyantap menu kambing karena baunya yang tidak sedap. Padahal jika diolah dengan teknik yang tepat, bau kambing akan hilang lho, Ladies. Yuk cari tahu tips tepat mengolah daging kambing di bawah ini!

1. Buang Lemak dalam Daging

1. Buang Lemak dalam Daging
source: https://www.pixabay.com

Kambing mempunyai bau khas yang lebih kuat jika dibandingkan dengan sapi atau kerbau. Bau prengus yang menyengat dari kambing tersebut, menurut hasil riset yang dilakukan sekelompok ilmuwan University of Tokyo, Jepang, merupakan cara kambing jantan untuk menarik perhatian dan merangsang kambing betina.

Nah, untuk menghilangkan bau tersebut, daging kambing perlu diolah dengan tepat. Untuk menetralisir bau prengus, kamu bisa mengiris bagian lemak daging, kemudian simpan dalam lemari pendingin. Tak perlu dibuang, lemak kambing bisa kamu manfaatkan sebagai pengharum hidangan sate kambing dengan cara memasukkannya ke dalam arang api. Jadi, enggak ada bagian daging kambing yang terbuang sia-sia, kan?

baca juga

2. Taburi Sedikit Garam

2. Taburi Sedikit Garam
source: https://www.pixabay.com

Fungsi garam enggak hanya menambah cita rasa, kamu bisa melumuri daging kambing dengan garam agar bau prengusnya hilang. Caranya sangat sederhana, cukup baluri daging dengan garam sambil ditekan-tekan perlahan. Kemudian diamkan sekitar 30 menit agar garam meresap ke dalam daging. Baru setelah itu kamu bisa cuci dan mengolahnya sesuai selera.
 

3. Rebus dengan Aneka Rempah

3. Rebus dengan Aneka Rempah
source: https://www.pixabay.com

Tips lain yang bisa menghilangkan bau dalam daging kambing yakni dengan cara merebusnya dengan aneka rempah beraroma tajam. Rempah-rempah bisa menutupi bau kambing yang pengus, lho. Pertama, didihkan air ½ liter air, lalu masukkan daging kambing dengan irisan serai, kemangi, dan jahe. Tunggu sekitar 15-20 menit hingga daging matang.  
 

baca juga

4. Balut dengan Parutan Nanas

4. Balut dengan Parutan Nanas
source: https://www.pixabay.com

Nanas memiliki sifat asam yang bisa mengurangi bau pengus sekaligus bisa membuat tekstur daging kambing lebih empuk. Sangat mudah, kamu hanya perlu menghaluskan satu buah nanas bisa dengan cara diblender maupun diparut manual, kemudian lumuri ke seluruh permukaan daging. Tunggu kurang lebih satu jam hingga bau pengus pada daging hilang. Cuci daging dan sudah siap diolah menjadi aneka masakan.
 

5. Lumuri dengan Perasan Jeruk Nipis

5. Lumuri dengan Perasan Jeruk Nipis
source: https://www.pixabay.com

Cara lain yang bisa menghilangkan bau daging kambing yakni dengan melumurinya dengan perasan jeruk nipis. Sifat asam pada jeruk nipis hampir sama dengan nanas. Perasan jeruk nipis ini dipercaya sangat efektif meminimalisir bau kambing serta membasmi bakteri yang bersarang di dalamnya. Jika di rumah kamu tidak ada jeruk nipis, kamu juga bisa memanfaatkan jeruk lemon sebagai penggantinya. Caranya, cukup lumuri daging dengan perasan jeruk nipis dan diamkan selama 30 menit. Taraaa! Daging kambing pun siap diolah.

Semoga bermanfaat!