1. Perubahan Hormon

Jika kamu sudah rutin merawat wajah namun jerawat tetap saja muncul di waktu-waktu tertentu, bisa jadi itu dipengaruhi oleh faktor hormonal. Perubahan hormon pada perempuan biasanya terjadi ketika menjelang waktu menstruasi hingga selesai. Peningkatan hormon androgen ini menyebabkan produksi minyak pada wajah semakin banyak. Sementara proses pergantian sel kulit mati menjadi lebih lambat. Bakteri penyebab jerawat akhirnya mudah berkembang.
 

1. Perubahan Hormon
source: https://www.pixabay.com

Fragrance Bisa Bikin Iritasi

Kandungan dalam skincare ini biasa digunakan untuk membuat aroma lebih wangi, terlebih untuk menyamarkan aroma kurang sedap dari bahan lainnya. Fragrance biasa ditemukan dalam produk minyak essensial atau parfum. Meski enggak semua fragrance akan menimbulkan jerawat, tapi ada juga yang menimbulkan iritasi bagi kamu yang punya kulit sensitif.
 

Fragrance Bisa Bikin Iritasi
source: https://www.pixabay.com
baca juga

Alkohol, Pemicu Kelenjar Minyak

Sebisa mungkin pilih skincare yang berbahan alami. Kamu bisa memakai toner atau cleanser yang tidak ada kandungan alkohol. Hal ini disebabkan alkohol membuat kulit kering dan memicu kelenjar minyak untuk keluar lebih banyak sebum. Sehingga banyak sebum yang terperangkap dalam kelenjar tersebut dan bakteri berkembang. Semakin lama akan menjadi jerawat.
 

Alkohol, Pemicu Kelenjar Minyak
source: https://www.pixabay.com

2. Rambut Kotor

Jerawat tidak hanya disebabkan oleh kotoran dan debu yang menempel langsung pada wajah. Rambut kotor juga bisa menjadi penyebabnya terutama jerawat di jidat. Rambut berminyak atau kotor yang menempel pada kulit wajah bisa menjadi perantara berpindahnya bakteri. Ketika di wajah, bakteri tersebut menjadi penyebab jerawat. Untuk itu, disarankan mencuci rambut secara teratur sedikitnya 2-3 kali dalam seminggu.
 

baca juga

3. Salah dalam Perawatan

Jerawat bisa reda karena rajin melakukan perawatan. Anggapan tersebut tidak selamanya benar jika ada kesalahan dalam melakukannya. Salah satunya adalah tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci wajah karena kuman dari tangan akan berpindah ke wajah. Terlalu sering mencuci muka juga termasuk kesalahan dalam merawat wajah. Kulit wajah yang terlalu sering dicuci akan menghasilkan minyak lebih banyak sehingga jerawat makin mudah muncul.
 

3. Salah dalam Perawatan
source: https://www.pixabay.com

4. Sering Memegang Wajah

Terlalu sering memegang wajah termasuk dalam kebiasaan buruk. Tangan sebagai sumber kuman bisa menjadi penyebab utama muncul jerawat pada wajah. Bahkan jika jerawat sudah benar-benar muncul, terlalu sering menyentuhnya juga akan semakin memperparah kondisi jerawat. Jadi jika tidak ingin wajah berjerawat semakin parah, tinggalkan kebiasaan menyentuh atau sampai memencet jerawat.
 

4. Sering Memegang Wajah
source: https://www.pixabay.com